Implementasi nilai-nilai pendidikan aqidah dalam Tanbih Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad

  • Netha Monica Azhari IAILM Suryalaya
  • Agus Samsul Bassar IAILM Suryalaya
  • Ayi Juanda IAILM Suryalaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah yang terkandung dalam Tanbih Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad, Untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan aqidah yang terkandung dalam Tanbih Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni sebagai langkah penting dalam melakukan penelitian, karena data yang terkumpul tersebut akan dijadikan bahan analisis dalam penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah Penelitan Pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwasanya dalam Tanbih Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad terdapat Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah pada setiap baitnya sebagai tuntunan baik terhadap lahir maupun batin setiap manusia sebagai insan Allah SWT.

References

A. Shohibulwafa Tajul, (1983). Akhlak Al-Karimah al-Mahmudah Berdasarkan Mudawama Dzikrullah. Tasikmalaya: Kutmas.

A. Shohibulwafa Tajul, (1983). Akhlak Al-Karimah al-Mahmudah Berdasarkan Mudawama Dzikrullah. Tasikmalaya: Kutmas.

A. Bassar Samsul, (2014). Tradisi Pembacaan Tanbih Dalam Komunitas TQN Suryalaya. Latifah-Jurnal Ilmiah Tasawuf dan Kebudayaan Islam Hal: 187-204 Vol. 2 No. 1 Cetakan ke-1 Septrmber

Abdul Hariz Naufal,. dkk (2020) Implementasi Etika Interaksi Sosial Dalam Naskah Tanbih Dikalangan Remaja (Studi Terhadap Santri Pondok Pesantren Suryalaya Kelas Ula SLTA Tahun Ajaran 2019/2020)

Abdul Qadir Ahmad, (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam, terj. H.A. Mustofa, Jakarta: Rineka Cipta.

Agus erwan,. dyahratih sulistyatuti, (2012). Implementasi kebijakan publik. Konsep dan aplikasinya di Indonesia, Yogjakarta: Gava Media.

Ahmad tafsir, (1995). Tasawuf Jalan Menuju Tuhan. Latifah Press. Suryalaya, Tasikmalaya.

Ahmad Warson Munawwir, (1989). Kamus al-Munawwir. Yogyakarta: PP. Al Munawwir.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bachtiar Djamily, (1987). Latar Belakang dan Perkembangan Ponpes Suryalaya. Bogor Utara.

H.R Rachmat Mamat, (2005) Tanbih Dari Masa Ke Masa. Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

Mulyati Sri, (2010). Peran edukasi Tarekat Qadiriyah Naqsyabandiyah dengan reperensi utama Suryalaya (Jakarta: Kencana,)

Sunardjo, Unang, (1995). Menelusuri Perjalanan Pondok Pesantren Suryalaya. Yayasan Pondok Pesantren Suryalaya

Syafe’i, Rachmat. (2000). Al- Hadits, Aqidah Akhlak Sosial Dan Hukum. Bandung . CV Pustaka Setia.


Published
2023-12-15
How to Cite
Azhari, N., Bassar, A., & Juanda, A. (2023). Implementasi nilai-nilai pendidikan aqidah dalam Tanbih Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 1-22. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i2.812