EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Desty Sri Rahayu IAILM Suryalaya
  • Nurhamzah CS IAILM Suryalaya
  • Try Riduwan Santoso IAILM Suryalaya
  • Asep Hermawan Anwar SMK Azzainiyyah Sukabumi
Keywords: Effectiveness visual media, Learning outcomes. Deaf studentm, Efektivitas Media Visual, Hasil Belajar, Siswa Tunarungu

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of visual media on deaf student’s learning outcomes of Islamic religious education at SLB-B ABC PGRI Ciawi Tasikmalaya. The method used is a quatitative descriptive, data processing through sprearman rank correlation (r_s). The result showed that the effectiveness visual media on deaf student’s learning outcomes of Islamic religious education was significant, r_s=0,66 was in interval 0,61 – 0,80. Visual media effectiveness to deaf student’s learning outcomes of Islamic religious education 43,56% while the remaining 56,44% is influenced by other factors.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa tunarungu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-B ABC PGRI Ciawi Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah deskripstif kuantitatif, pengolahan data dengan korelasi rank spearman (r_s). Hasil penelitian diperoleh efektiitas media visual terhadap hasil belajar siswa tunarungu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah signifikan, r_s=0,66 berada pada interval 0,61 – 0,80. Efektivitas penggunaan media visual terhadap hasil belajar sebesar 43,56% sedangkan sisanya 56,44% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2022-12-19
How to Cite
Rahayu, D., CS, N., Santoso, T., & Anwar, A. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 420-427. https://doi.org/10.47971/tjpi.v5i2.562