PROTEKSI MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MEDAN

  • Saparripin Idris STAI Sumatera Medan
  • Anggie Maulidiya STAI Sumatera Medan
  • Evina Evina STAI Sumatera Medan
  • Nurmuth Mainnah STAI Sumatera Medan
Keywords: Proteksi, Minat, Bakat, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis tentang Proteksi Minat dan bakat peserta didik selama pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Medan. Metode yang dipakai kualitatif dengan model studi deskriptif. Penelitian ini mengetahui bagaimana cara melindungi dan mengembangkan minat dan bakat siswa walaupun tidak secara langsung seperti biasanya. Adapun hambatan dalam pengembangan minat dan bakat siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Medan, adapun beberapa hambatannya: 1) Keterbatasan waktu, tempat yang tidak seperti biasanya berlangsung. 2) Kurangnya interaksi langsung antara pendidik dan siswa di karenakan pandemi COVID-19. Beberapa inovasi yang dilakukan dapat dioptimalkan minat dan bakat siswa ialah: 1) Berlangsungnya interaksi melalui antara pendidik dan siswa dengan multimedia. 2) Kerjasama antara orang tua dengan guru.

References

A, M, S. (1988). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Abror, A. (1993). Rahman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Ahmad, S. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Komsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Bahasa, T. P. K. P. P. dan P. (1960). K. In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Fatkuroji, F. (2017). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Terpadu dan Minat Pelanggan Pendidikan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 28–40.
Hasibuan, H. R., & Panjaitan, R. W. (2020). Pemikiran Ibnu Qoyyim tentang Proteksi Minat dan Motivasi Belajar dalam Kitab Ad-daa’wa Ad-dawaa’. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 55–71.
Iskandar, H. (2010). Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Bandung: ST Book.
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–15.
Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Al-Fatih, 1(1), 1–18.
Lubis, R. R., Irwanto, I., & Harahap, M. Y. (2019). Increasing Learning Outcomes and Ability Critical Thinking of Students Through Application Problem Based Learning Strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 524–527.
Makarim, N. anwar. Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. , (2020).
Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, D. K., & Sumiati, D. M. (1993). Kamus istilah bimbingan dan penyuluhan. Usaha Nasional.
Suryabrata, S. (1989). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2020-11-03
How to Cite
Idris, S., Maulidiya, A., Evina, E., & Mainnah, N. (2020). PROTEKSI MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.228