Pengaruh Strategi Pemasaran Agen terhadap Pencapaian Penjualan Produk Asuransi Siswakoe (Studi Kasus di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Pusat Divisi Syariah Jakarta Selatan)

  • Iah Saniah Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir
  • Nurlailiyah Aidatus Sholihah Sekolah Tingggi Agama Islam Darussalam Kunir
  • Endah Robiatul Adawiyah Sekolah Tingggi Agama Islam Darussalam Kunir
Keywords: Asuransi Syariah, Tabarru, Tijari, Pemasaran Agen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sistem pemasaran agen terhadap pencapaian penjualan produk asuransi siswakoe. Metode penulisan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, Sumber data primer diperoleh dari data dokumen pemasaran agen, dan sumber data sekunder diambil dari hasil wawancara. Jenis data berupa data kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penelusuran dokumen terkait pemasaran agen, dan wawancara. Teknik analisis data berupa deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa sistem pemasaran agen berpengaruh pada penjualaan produk asuransi syariah di PT. Bumida Syariah Pusat Jakarta. Akad yang digunakan dalam pengelolaan premi yaitu menggunakan dana tabarru yang melalui hibah dan akad wakalah bil ujrah dan dana tijari yaitu melalui akad mudhorobah. Menurut Ahamd Ifham Sholihin tolong menolong (ta’awun) dan saling menanggung (takaful) merupakann prinsip dasar Asuransi Syariah. Adapun akad didalam Asuransi syariah menggunakan akad tabarru dan akad tijari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-04
How to Cite
[1]
Saniah, I., Sholihah, N. and Adawiyah, E. 2023. Pengaruh Strategi Pemasaran Agen terhadap Pencapaian Penjualan Produk Asuransi Siswakoe (Studi Kasus di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Pusat Divisi Syariah Jakarta Selatan). Mutawasith: Jurnal Hukum Islam. 6, 1 (Jul. 2023), 36-52. DOI:https://doi.org/10.47971/mjhi.v6i1.594.
Section
Articles