PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN SIGMUND FREUD

  • Fitrah Nabila Dista Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Indonesia
  • Chairullah Chairullah Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Indonesia
  • Wahyu Khafidah Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Pendidikan Seks, Anak Usia Dini, Abdullah Nashih ‘Ulwan, Sigmund Freud

Abstract

Pendidikan seks bagi anak usia dini menerangkan tentang merawat dan melindungi anggota tubuh intim, membedakan batasan antara laki-laki dan perempuan, dan tindakan pencegahan ketika berada dikondisi terancam. Pendidikan seks yang pada penelitian ini dilihat dari perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan yang berkaitan tentang perbedaan laki-laki serta perempuan dan etika masuk ke kamar orangtua. Sedangkan Sigmund Freud membahas tentang tiga tahapan perkembangan pendidikan seks mulai dari 0-6 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan teori pendidikan seks, serta perbedaan dan persamaan teori pendidikan seks dari keduanya. Jenis penelitian yaitu kepustakaan (library research), dengan tipe penelitian ialah analisis data (deskriptif), menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis yakni analisis isi (content analysis).

References

‘Ulwan, Abdullah, Nashih. 2017. Pendidikan Anak dalam Islam. Jawa Tengah: Insan Kamil.
Abonita, Rino. 2020. Rudakpaksa Anak Kandung Terjadi Lagi di Aceh, LBH beri Warning ke Polisi. Liputan 6. https://www.liputan6.com/regional/read/4393703/rudakpaksa-anak-kandung-terjadi-lagi-di-aceh-lbh-beri-warning-ke-polisi
Aji, Nhimas, Ajeng, Putri., Soesilo, Tritjahjo, Danny., & Windrawanto, Yustinus. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Oleh Orangtua dan Guru di TK Pamekar Budi Demak. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global, 0291. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/18_Nhimas_Ajeng_Putri_Aji_dkk_111-118.pdf
Anak, Kementerian, Pemberdayaan, Perempuan, dan, Perlindungan, Anak, Deputi, Bidang, Perlindungan. 2017. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Andriani, Zulfi, Zumala, Dwi., & Nahdliyah, Amirotun. 2018. Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini. Loyalitas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2).
Bruses, Clint, E., & Achroeder, Elizabeth. 2014. Sexuality Education: Theory and Practice. United State of America: Jones & Bartlett Publishers.
Fahmi, Yusron. 2016. Sigi: Bayang-Bayang Predator Anak. Liputan 6. https://www.liputan6.com/news/read/2604292/sigi-bayang-bayang-predator-anak
Health, Student, Health, Service, Department, of. 2010. Sex Education at Home. www.studenthealth.gov.hk
Indriati, Etty. 2014. Anakku Sayang! Anakku Aman!: Menghindarkan Anak dari Kekerasan Seksual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Irsyad, Mohammad. 2019. Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan Mohammad. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1).
Jatmikowati, Tri, Endangi., Angin, Ria., & Ernawati. 2015. Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Cakrawala Pendidikan, 3.
Marhumah. 2019. Kontekstualisasi Hadis dalam Pendidikan Karakter II. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Marhumah. 2019. Hadith, Justice, and Gender Equality: Indonesian Progressive Muslims’ Thought. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum, 27(1), 405–417.
Nata, Abudin. 2004. Metode Studi Islam. Jakarta: Rajagrafindo.
Nawangsari, Dyah. 2015. Urgensi Pendidikan Seks Dalam Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.639
Nilamsari, Natalina. 2014. Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Wacana, 13(2).
Programm, HSE, Sexual, Health, &, Crisis, Preganancy. 2010. Talking to Your Young Child About Relationship, Sexuality, and Growing Up. Dublin: HSE Sexual Health & Crisis Preganancy Programme.
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodelogi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Sulistyati, Dyah, M., Wahyaningsih, Sri., & Wijania, I, Wayan. 2021. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta Barat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Wardah, Fathiyah. 2020. Lebih 4.600 Anak Alami Kekerasan Tahun 2020. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/lebih-4-600-anak-alami-kekerasan-tahun-2020/5521190.html
Wicaksono, Ahi. 2020. Inses Kasus Kekerasan Seksual Terbanyak Pada Anak Perempuan. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200224173721-12-477607/inses-kasus-kekerasan-seksual-terbanyak-pada-anak-perempuan
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zubaedah, Siti. 2016. Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2016.

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Dista, F., Chairullah, C., & Khafidah, W. (2023). PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN SIGMUND FREUD. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 54-64. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/897
Section
Articles