IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN UNTUK ANAK SLOW LEARNER DI TK INKLUSIF PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QURAN NGABAR PONOROGO

  • Defi Firmansah Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Muhammad Rizal Firdaus Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
Keywords: Implementasi, Inklusi, Metode, Slow Learner

Abstract

Terdapat anak berkebutuhan khusus yang belajar di TK Inklusif Ngabar mengalami
kesulitan dalam melafalkan, mengingat, menulis, dan memahami huruf hijaiyah. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis AlQuran bagi anak lamban belajar di TK Inklusi PAS Baitul Quran Ngabar Ponorogo, dan
mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran membaca dan
menulis Al-Quran bagi anak lamban belajar di TK Inklusi PAS Baitul Quran Ngabar
Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian Pembelajaran membaca Al-Quran untuk anak lamban
belajar melalui beberapa tahapan yaitu: a) Identifikasi huruf hijaiyyah, b) pengucapan
huruf hijaiyyah secara lisan, c) pembelajaran membaca Al-Quran dengan Ummi Metode.
Dan pembelajaran menulis huruf hijaiyyah untuk anak lamban belajar melalui beberapa
tahapan yaitu: a) Identifikasi huruf hijaiyyah, b) Stimulasi otot tangan, c) Penebalan
huruf hijaiyyah, d) Penulisan huruf hijaiyyah.

Published
2023-06-30
How to Cite
Firmansah, D., & Firdaus, M. (2023). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN UNTUK ANAK SLOW LEARNER DI TK INKLUSIF PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QURAN NGABAR PONOROGO. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 14-26. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/695
Section
Articles