PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KOBER IDRISIYYAH PANGLIGARAN

  • Melawati Melawati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Ai Eli Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Pengembangan, Bahasa, Anak Usia Dini.

Abstract

Pengembangan bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang
perlu dikembangkan secara optimal. Di Lembaga Pendidikan anak usia dini,
pengembangan bahasa untuk anak perlu diperhatikan sebagaimana mencakup dalam
implementasi pembelajaran, metode dan media pembelajaran hingga instrument evaluasi
pengembangan Bahasa anak akan diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama satu minggu
waktu efektif pembelajaran di sekolah. Lokasi penelitian dilaksanakan di KOBER
Idrisiyyah Pangligaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Metode pembelajaran
bahasa yang digunakan di Kober Idrisiyyah Pangligaran meliputi: bercerita,
demonstrasi, bercakap-cakap, sosio drama/ bermain peran, karyawisata dan eksperimen;
2) Aspek pengembangan bahasa sunda di Kober Idrisiyyah Pangligaran mencakup:
menyimak (ngaregepkeun), berbicara (nyarita), dan membaca (maca), dan menulis
(nyerat); 3) Perkembangan bahasa asing di Kober Idrisiyyah Pangligaran meliputi
bahasa Inggris dan bahasa Arab

Published
2023-06-30
How to Cite
Melawati, M., & Eli, A. (2023). PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI KOBER IDRISIYYAH PANGLIGARAN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1-13. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/694
Section
Articles