PELATIHAN PARENTING MENGENAI AL-UMM MADRASATUL ULA DI TAAM AL-HIKMAH DESA KERTAMUKTI CIAWI TASIKMALAYA

  • Rika Wartika Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Parenting, Al Umm, Madrasatul Ula

Abstract

Parenting merupakan capaian yang harus dikembangkan dalam rangka memperdalam pengetahuan orang tua dalam membimbing dan mengasuh anak untuk mempersiapkan masyarakat yang bertanggung jawab dan berkepribadian baik di masa yang akan datang sebagai generasi emas. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak. Sehingga seorang ibu harus menjadi orang yang pandai untuk dapat mendidik anak-anaknya sesuai kebutuhan. Dengan melihat profesi dan latar belakang para orang tua di desa kertamukti yang kebanyakan adalah seorang ibu rumah tangga dan petani, maka penulis melakukan kegiatan pengabdian berupa  Pelatihan Parenting mengenai Al-Umm Madrasatul Ula di Taam Al-Hikmah Desa Kertamukti Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan dari kegaiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk memberikan pemahamam mengenai Al umm madrasatul ula dimana pentingnya peran ibu dalam tumbuh kembang anak. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan metode dalam bentuk seminar, tanya jawab dan Sharing Season mengenai masalah pola asuh dan tumbuh kembang anak. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya parenting bagi orang tua anak usia dini dalam pola asuh yang baik sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak, serta adanya perubahan terhadap kualitas pengasuhan yang ditunjukkan oleh orang tua. Terutama dalam penggunaan bahasa positif dalam interaksi anak dan orang tua.

References

Ahmadi, Abu. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Hasyimi, M. A. (1997). Kepribadian Wanita Muslimah Menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Akademika Pressindo.
Husain, Mudhahiri. (2002). Pintar Mendidik Anak Panduan Lengkap Bagi Orang Tua, Guru, dan Masyarakat berdasarkan Ajaran Islam, Jakarta: Lentera.
Marfu‟ah, M. (2020). Implementasi Konsep Madrasatul Ula Pada Pendidikan Agama Dalam Keluarga Perantau. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/AtTarbiyat/article/view/222.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munjid. (1986). Bairut: Darul Masyriq.
Murtafiah, E. (2019). Pentinya Peran Ibu sebagai Madrasah Al-Ula dalam Pendidikan Anak. Mahasantri Makhad Al_Jami’ah IAIN Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/pentingnya-peranibu-sebagai-madrasah-al-ula-dalam-pendidikan-anak/.
Santrock, J. W. (Alih Bahasa: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti). (2007). Perkembangan Anak (Child Development, eleventh edition). Jakarta: Erlangga.
Syihab, Quraisy. (1998). Lantera Hati, Kisah dan Hikmah Kehidupan. Bandung: Mizan.
Tabarsi. Razi ad-din An Nash al-Hasan bin Fadl. Makarim al-Akhlak. (1408 H). Beirut: Darul Haura.

DOI:
Published
2022-06-24
How to Cite
Wartika, R. (2022). PELATIHAN PARENTING MENGENAI AL-UMM MADRASATUL ULA DI TAAM AL-HIKMAH DESA KERTAMUKTI CIAWI TASIKMALAYA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 25-40. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/477
Section
Articles