PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK PERINTIS BANGSA KABUPATEN WAY KANAN
Keywords:
Representasi Peran Guru, Pengembangan Kreativitas, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Pengembangan kreativitas sangat penting untuk dilakukan, dan tidak hanya pada anak normal saja, melainkan juga pada anak berkebutuhan khusus. Studi ini bertujuan untuk mengetahui program pengembangan kreativitas, faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas serta dampak pengembangan kreativitas anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan kreativitas anak usia dini berkebutuhan khusus diawali dengan menentukan profil anak, kemudian disusun program pengembangan yang terintegerasi dengan pembelajaran individual yang memuat metode, strategi dan media dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan melalui tanya jawab, bercerita dan praktik. Dengan strategi melalui eksplorasi, bahasa dan musik. Evaluasi terdiri dari penilian proses dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak mampu mengembangkan kreativitasnya melalui berbagai metode, strategi dan media yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus anak. Faktor pendukung dan penghambat program pengembangan kreativitas dengan tersedianya sarana dan media yang bervariasi, peran guru serta orangtua. Program pengembangan kreativitas anak usia dini berkebutuhan khusus berdampak pada kemampuan sosial, fisik motorik, berpikir kritis, akademik, kemandirian dan membantu menemukan minat dan bakat anak.
References
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Johnson, J., Christie, J., & Wardle, F. (2005). Play, Development, and Early Education. Boston: Pearson.
Mulyani. (2018). Tes Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Munro, K. (2018). The Impact of Play on Creativity in Early Childhood. International Journal of Early Years Education, 26(2).
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak.
sudjana, N. (2008). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyadi. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Pedagogia Press.
Wati, L. (2019). Model Pembelajaran Bermain untuk Anak Usia Dini. Media Akademi.
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
johnson, J., Christie, J., & Wardle, F. (2005). Play, Development, and Early Education. Boston: Pearson.
Mulyani. (2018). Tes Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Munro, K. (2018). The Impact of Play on Creativity in Early Childhood. International Journal of Early Years Education, 26(2).
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak.
sudjana, N. (2008). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyadi. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Pedagogia Press.
Wati, L. (2019). Model Pembelajaran Bermain untuk Anak Usia Dini. Media Akademi.
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
johnson, J., Christie, J., & Wardle, F. (2005). Play, Development, and Early Education. Boston: Pearson.
Mulyani. (2018). Tes Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Munro, K. (2018). The Impact of Play on Creativity in Early Childhood. International Journal of Early Years Education, 26(2).
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak.
sudjana, N. (2008). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyadi. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Pedagogia Press.
Wati, L. (2019). Model Pembelajaran Bermain untuk Anak Usia Dini. Media Akademi.