PORTABLE SENSORY PATH: ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA COVID-19

12 Views     6 Downloads

Authors

  • Utia Virli Susanti Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Indonesia

Keywords:

Portable Sensory Path, Pembelajaran Anak Usia Dini, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini dengan menggunakan media portable sensory path. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian terletak di Lembaga TK Pertiwi Sungai Buluh. Subjek penelitian terdiri atas guru dan peserta didik Lembaga TK Pertiwi Sungai Buluh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles and Huberman, terdiri atas: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portable sensory path dapat membantu mengatasi kejenuhan peserta didik di Lembaga TK Pertiwi Sungai Buluh pada masa pandemi covid-19. Portable sensory path dapat dijadikan salah satu solusi tambahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Dampak media portable sensory path dapat menstimulus aspek perkembangan anak, meliputi: kognitif, bahasa, sosial-emosioanl, dan fisik-motorik.

References

A. Tabi’in. (2020). “Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age.” Jurnal Golden Age: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Hamzanwadi 4(1): 190–200.

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, Dan Proses Pembelajaran.” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya 7(5).

Anhusadar, La Ode, Nurdin. (2021). “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 686–97.

Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. (2021). “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414–21.

Ciotti, Marco et al. (2020). “The COVID-19 Pandemic.” Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences 57(6): 365–88.

Fernandes, Nuno. (2020). “Economic Effects of Coronavirus Outbreak (COVID-19) on the World Economy.” SSRN Electronic Journal.

Gersons, Berthold P. R. et al. (2020). “Can a ‘Second Disaster’ during and after the COVID-19 Pandemic Be Mitigated?” European Journal of Psychotraumatology 11(1): 1815283.

Hewi, La, and Linda Asnawati. (2020). “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 158.

Lancker, Wim Van, and Zachary Parolin. (2020). “COVID-19, School Closures, and Child Poverty: A Social Crisis in the Making.” The Lancet Public Health 5(5): e243–44.

Lappan, Susan et al. (2020). “The Human–Primate Interface in the New Normal: Challenges and Opportunities for Primatologists in the COVID‐19 Era and Beyond.” American Journal of Primatology 82(8).

Mukaromah, A. (2024). “Pengaruh Permainan Sensory Path Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Azzahra.” Jurnal Review Pendidikan dan … 7: 11657–64. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/32744%0A

Nasir, Abdul et al. (2023). “Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif 1.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(5): 4445–51. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APendekatan.

Nurkolis, Nurkolis, and Muhdi Muhdi. (2020). “Keefektivan Kebijakan E-Learning Berbasis Sosial Media Pada PAUD Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 212.

Ramli, Rosmiati, and Kalbi Jafar. (2023). “Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Learning Innovation in Early Children ’ S Education During the Covid-19 Pandemic Time.” 05: 84–94.

Rusmania, Annisa, and Dedah Jumiatin. (2024). “Playmate Sensory Path Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mengembangkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” 7(5): 481–90.

Satrianingrum, Arifah Prima, and Iis Prasetyo. (2020). “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 633.

Supriadi, Oding. (2020). “Peranan Kepala PAUD Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 841–56.

Viner, Russell M. et al. (2020). “School Closure and Management Practices during Coronavirus Outbreaks Including COVID-19: A Rapid Systematic Review.” The Lancet Child and Adolescent Health 4(5): 397–404.

Wahidah, Anita Solihatul, and Anik Nurhayati. (2021). “Penerapan Ape Sensory Path Dalam Meningkatkan Ketrampilan Moto- Rik Kasar Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sidorejo 2 Desa Sidorejo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi.” Kurikula: Jurnal Pendidikan 6(1): 56–66.

Wulandari, Hesti, and Edi Purwanta. (2020). “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 452.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Utia Virli Susanti. (2025). PORTABLE SENSORY PATH: ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA COVID-19. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 122–132. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/1288

Issue

Section

Articles