MEMBANGUN 6 ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUM MELALUI AKTIVITAS SENI DAN MOTORIK DI DI TK POTEUMEUREUHOM
Keywords:
Eksistensi, Lingkungan Belajar, Perkembangan Anak, Aktivitas Seni, Motorik, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pembangunan enam aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun melalui aktivitas seni dan motorik di Taman Kanak-Kanak (TK) Poteumeureuhom. Penelitian dilakukan dengan mengamati anak-anak dalam kegiatan mewarnai dan menggambar yang dirancang untuk merangsang aspek perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, kreativitas, dan moral. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak menunjukan perkembangan motorik halus yang baik, terbukti dari kemampuan mereka dalam mengontrol alat tulis dan mewarnai dengan relatif akurat. Di sisi lain, pemahaman kognitif anak terhadap warna dan bentuk menunjukkan hasil yang memuaskan, meskipun masih diperlukan penguatan dalam menghubungkan gambar dengan kehidupan sehari-hari. Aktivitas seni juga mendorong keterampilan sosial, di mana anak-anak saling berkolaborasi dan berbagi alat, serta menumbuhkan kreativitas melalui pilihan warna yang variatif. Selain itu, laporan ini menunjukkan bagaimana pendekatan berbasis seni dapat meningkatkan konsentrasi dan minat anak di kelas, sehingga memperkuat pentingnya integrasi aktivitas seni dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua untuk mendukung perkembangan holistik anak.
References
Halodoc. (2023). “4 Tahapan Perkembangan Kognitif Si Kecil dalam Teori Piaget”. DINAS KESEHATAN PROVINSI SULAWESI TENGAH.
Saul McLeod, PhD. (2024). ”Vygotsky’s Theory of Cognitive Development”. SimplyPsychology.
pgsg, binus. (2021). “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky”. BINUS UNIVERSITY
Hurlock. Elizabeth B. Perkembangan Anak, Edisi Keenam. New York: Mc. Graw Hill, Inc. 1978.
JS Helms, D. B & Turner, Menjelajahi Perilaku Anak. New York: Holt Rinehartand Winston, 1994.
https://www.jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/download/156/119
Roopnaire, J. L & Johnson, J.E. (1993). Approaches to Early Childhood, Education,2nd Edition. New York : Merril.
Harahap IS., (2017). Upaya meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di tk nurul ihsan ilmi medan tembung.
Wulandari R., Ichsan, & Romadhon. (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Petarongan Jombang. Biomedika.Vol.8 No.1
Intan Fazrin, Wildiana, Trianti, Baba, Amalia, & Smaut. (2018). Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri. Jurnal of Community Engagement in Healt. Vol.1 No. 2.
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nanaeke/article/download/52-65/6484/