IMPLEMENTASI TARI KREASI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL IHSAN KECAMATAN JAMANIS TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Tari, Kecerdasan, Tari Kreasi, Kecerdasan Kinestetik, AnakAbstract
Kecerdasan kinestetik atau kecerdasan fisik (Body Smart) anak usia 5-6 tahun sangat perlu di perhatikan. Masalah yang ditemukan pada beberapa anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ihsan Kecamatan Jamanis kecerdasan kinestetik kurang berkembang secara optimal, dikarenakan masih terdapat anak yang tidak mau bergerak untuk ikut serta dalam permainan di kelas seperti melompat, berjinjit dan melangkah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anak khususnya motorik kasar dengan tari kreasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Nurul Ihsan Kecamatan Jamanis yang terdiri dari 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan tari kreasi kecerdasan kinestetik anak berkembang sangat baik. Adapun kegiatan Tari Kreasi di TK Nurul Ihsan membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian guru mencontohkan gerakan, memadukan ketukan dengan ragam gerak dengan musik, guru melakukan evaluasi gerak. Tari kreasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan kinestetik anak yang menunjukan hasil sangat baik. Faktor pendukung implementasi tari kreasi yaitu guru, sarana dan prasarana yang dipersiapkan untuk kegiatan tari antara lain yaitu tempat yang presentatif, laptop atau handphone, sound dan musik. Faktor penghambatnya dari faktor internal dan faktor eksternal.
References
Anhusadar, L. (2016). Kreativitas Tari Pada Anak Usia Dini. Shautut Tarbiyah, 22(1). https://doi.org/10.31332/str.v22i1.735
Arifa, S. (2022). Penerapan Tari Kreasi Top Pade Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Tk Qurratul’uyun Barat Daya Aceh Selatan. 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Aryanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menata Gerak Tari Kreasi Nusantara Melalui Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Pada Siswa Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 5 Pinrang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079.
Dewi, W. R. (2019). Pelaksanaan Tari Kreasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Paud Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ).
Fathurrohman, M. dan S. (2012). Implementasi Menejemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta :Teras, 189–191.
Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 149.
Hofur. (2020). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Qur’an/Hadis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Yogyakarta : Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, 17, 2.
KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.https: kbbi.kemdikbud.go.id
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Mc. Gaugh, J. L. (2022). Learning and Memory: An Introduction. Albion Publishing Company.
Melia, D. (2023). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia Dini Kelas B di PAUD Mutiara Dusun I Desa Lumpatan II. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Moloeng, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda.
Muhajarah, K. (2022). Beragam Teori Kecerdasan , Proses Berpikir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial Dan Agama, 8(1), 116–127. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.442
Muhammad Yaumi, N. I. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak ( multiple intelligences ) : mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta anak (Ed. 1. Cet).
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini (E. Kuswadi (ed.); Cetakan Pe). PT.Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, Lailatul dan Khotimah, N. (2018). Penerapan Kegiatan Tari Kreasi Dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai, Volume 07, 1–10.
Ngewa, H. M. (2020). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu(Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Pertiwi No.1 Uloe, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Tahun 2016). Educhild, 2(1), 1–24. http://content.ebscohost.com/
Nirwana, A., & Hakim, N. (2021). Implementasi Tari Kreasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak. ALGAZALI | International Journal of Educational Research, 3, 139–149.
Pekerti, W. (2016). Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 3.
Permendikbud. (2014). Undang-Undang Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6.
S, M. A., & Manggau, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Kinestetik Melalui Tari Kreasi Tk Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. 6.
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Nomor 20(Kolisch 1996), 49–56.
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 142.
Syukur, A. (2024). Kecerdasan Kinestetik Dalam Perspektif Islam. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 7(2), 119. https://doi.org/10.24853/ma.7.2.119-134
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 147–162.