UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN

30 Views     24 Downloads

Authors

  • Ayu Apani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Niknik Dewi Pramanik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Saeful Anwar Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia

Keywords:

Motorik Halus, Origami, Anak Usia Dini

Abstract

Peneliti mendapati sejumlah permasalahan terkait dengan perkembangan motorik halus anak. Anak kurang mampu dalam melipat dengan bentuk yang telah disesuaikan, lambatnya gerakan tangan anak saat membolak balikkan halaman, memegang pensil dan menarik garis lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik halus pada peserta didik, untuk mengetahui bagaimana pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus dengan menggunakan origami, dan untuk mengetahui bagaimana perkembangan motorik halus peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan media origami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan diperkuat dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan keterampilan motorik halus melalui kegiatan origami di TK Hj. Euis Siti Ru’yanah, dilaksanakan dalam pembelajaran dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Pelaksanaan origami anak diberi kebebasan untuk membuat suatu karya dari kertas tersebut, selain itu anak diberi kesempatan untuk menjelaskan bentuk apa yang anak buat, dengan cara itu motorik halus anak bisa berkembang, anak mengeluarkan imajinasinya, kemampuan bahasa anak juga akan terasah dan kognitif anak juga dapat termotivasi. Dari hasil penelitian, awal perkembangan motorik halus anak belum berkembang, setelah melakukan kegiatan origami anak menunjukan hasil yang mulai berkembang. Keterampilan motorik halus pada peserta didik di TK Hj. Euis Siti Ru’yanah selalu digunakan dalam pembelajaran, karena motorik halus sangat berpengaruh terhadap pembelajaran lainnya. Keterampilan motorik halus di TK Hj. Siti Ru’yanah, pada beberapa anak telah menunjukan hasil yang sudah berkembang dan yang belum berkembang. Dengan keterampilan motorik halus bisa melenturkan otot-otot halus atau otot-otot kecil anak usia dini, motorik halus di TK Hj. Euis Siti Ru’yanah ser-ing dilaksanakan melalui bermain plastisin, merobek, menggunting, menempel, mewarnai, meronce, menjahit, dan masih banyak kegiatan yang lainnya sesuai dengan tema pembelajaran.

References

Handayana, Sri., Zuhairi., Hakim, Nasrul. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Baratmelalui Lukisan Teknik Kolase. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1 No. 1 https://www.e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/JPM/article/view/1601

Harahap, Febriyani., Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 2 No. 2 https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/1284

Hasanah, Uswatun., Priyantoro, Dian Eka. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 5 No. 1 https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1340

Karyadi, Agung Cahya., Widosetyo, Ayumurti Elsi., Widiastuti, Bayu Retno. (2024). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6Tahun melalui Kegiatan Meronce. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol.1 No. 3 https://journal.assyfa.com/index.php/jptk/article/view/610

Muarifah, Alif., Nurkhasanah. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care & Education. Vol. 2 No. 1 https://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce/article/view/564

Primayana, Kadek Hengki. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya. Vol 4 No. 1 https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/544

Ruri, Ratni Oktaviyani., Laiya, Sri Wahyuningsi., Pupung Puspa Ardini. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas. Jambura: Early Childhood Education Journal, Vol 2 No.1 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/115

Sulastri, Ni Made. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Jurnal Transformasi. Vol 5 No. 2 https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2027

Sutini, Ai. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Cakrawala Dini. Vol 4 No. 2 https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10386

Valentina, Febri., Wulandari, Esa., Nuraeny, Lenny. (2018). Upaya Untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Aktivitas Origami Dengan Metode Demonstrasi Pada Anak-Anak Kelompok B Di Tk Bina Nusantara. Jurnal Ceria. Vol. 1 No. 4 https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/2193

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Ayu Apani, Niknik Dewi Pramanik, & Saeful Anwar. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 74–88. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/1283

Issue

Section

Articles