PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PERHATIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH

  • Falah Insani IAILM Suryalaya
  • Wawan Wawan IAILM Suryalaya
Keywords: Make a Match, Learning Attention, Fiqh Lessons, Perhatian Belajar, Pelajaran Fikih

Abstract

This study aims to determine the influence of using the make a match method on students' attention to learning of fiqh subjects in class X IPS MA Serba Bakti Suryalaya. The method used is a quantitative descriptive, data processing through Spearman rank correlation (rs). The results showed that the influence of using the make a match method on the students' learning attention in fiqh subjects was quite significant, rs = 0.58 was in the interval 0.41 - 0.60. The use of the make a match method affects the learning attention of students 33.64% while the remaining 66.36% is influenced by other factors

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode make a match terhadap perhatian belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di kelas X IPS MA Serba Bakti Suryalaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, pengolahan data melalui korelasi rank spearman (rs). Hasil penelitian diperoleh pengaruh penggunaan metode make a match terhadap perhatian belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih adalah cukup signifikan, rs = 0,58 berada pada interval 0,41 – 0,60. Penggunaan metode make a match berpengaruh terhadap perhatian belajar peserta didik 33,64% sedangkan sisanya  66,36% dipengaruhi oleh faktor lain

Published
2022-12-19
How to Cite
Insani, F., & Wawan, W. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PERHATIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 467-475. https://doi.org/10.47971/tjpi.v5i2.566