Representasi Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik

5 Views     3 Downloads

Authors

  • Dikna Sukriyati IAILM Suryalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Wawan IAILM Suryalaya, Tasikmalaya, Indonesia

Keywords:

Social Media, Tiktok, Learning Behavior

Abstract

Current technology affects all aspects of human life, especially a person's behavior. The purpose of this study was to determine the effect of using the religious Tiktok application on student learning behavior at SMA Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya. The research method used is a descriptive method with a quantitative approach. Sampling used a purposive sampling technique. Data collection techniques using observation, questionnaires and documentation. Based on the results of the study conducted, the influence of the use of the TikTok application on the learning behavior of SMA Serba Bakti Suryalaya students is 45.5%. And the remaining 54.5% is influenced by other variables outside this study, including internal factors such as physical condition, intelligence, talent and interests of students and external factors such as the student's environment. This study is also proven by testing the hypothesis with the t test, and produces a calculated t value of 4.832> t table 2.048 So it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted which means "there is a positive and significant influence of the use of the Tiktok application (X) on the learning behavior of SMA Serba Bakti students Tasikmalaya (Y).

References

Indraswari, Putri Pratiwi. 2019. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Belajar Pada Siswa SMA Rama Sejahtera Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar(Al-QUR’AN, 2019)

Khristianty, Wydia. dkk. 2015. Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial dengan Kehadiran pada Remaja di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp). Vol. 3, No. 1

Malimbe, Armylia. Dkk. 2021. Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Society Vol. 1 No. 1

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cahya

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Al-QUR’AN, D. P. (2019). Tim penerjemah kemenag.

Asrori, A. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner.

Bimantoro, A., Pramesti, W. A., Bakti, S. W., Samudra, M. A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks etika pemanfaatan teknologi informasi di era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58–68.

Indraswari, Putri Pratiwi. 2019. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Belajar Pada Siswa SMA Rama Sejahtera Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar(Al-QUR’AN, 2019)

Jayanata, G. (2022). Dampak Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 Di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma.

Khristianty, Wydia. dkk. 2015. Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial dengan Kehadiran pada Remaja di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp). Vol. 3, No. 1

Malimbe, Armylia. Dkk. 2021. Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Society Vol. 1 No. 1

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cahya

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 200, 26–35.

Priambodo, D., & Pustikaningsih, A. (2018). Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Grover, Dan Zmijewski Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(4).

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018a). Pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229.

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Wawan. (2017). Pengantar Statistika Pendidikan.Tasikmalaya: Latifah

Zahera, U. (2019). Pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru.

Published

2024-12-23

How to Cite

Dikna Sukriyati, & Wawan. (2024). Representasi Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 75–91. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/1271