PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LUAS LINGKARAN KELAS VI MIS MIFTAHUL HUDA 2
Keywords:
Luas lingkaran, Model Problem Based LearningAbstract
Matematika sering kali dianggap sebagai salah satu disiplin ilmu yang paling sulit dipahami, terutama ketika siswa dihadapkan pada konsep-konsep yang kompleks dan abstrak. Ketidakpahaman ini sering kali disebabkan oleh penggunaan notasi yang rumit dan simbol-simbol yang asing, sehingga membuat siswa merasa terasing dari materi yang diajarkan. Dalam dunia pendidikan, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Penggunaan model pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam pengajaran matematika. Dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, guru dapat menjadikan konsep-konsep matematika lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika di kelas VI MIS Miftahul Huda 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpukan data. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas VI MIS Miftahul Huda 2 yang menjadi guru matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL di kelas VI pada mata pelajaran Matematika materi mengitung luas lingkaran baik dan cocok digunakan. Model PBL mendorong siswa untuk berkolaborasi, melatih pemikiran kritis, dan pengalaman menerapkan konsep matematika dalam lingkungan praktis. Oleh karena itu diharapkan dapat menjadi terobosan bagi guru matematika kedepannya yang menggunakan pendekatan pembelajaran PBL.
Downloads
References
Ahyar, D. B. (2021). Model-model Pembelajaran. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Ainularifin, N., & Mahmudah, I. (2023). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 109.
Amaludin, L. (2022). Model Pembelajaran Problem Base Learning Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan hasil Belajar. Tangerang: Pascal Book.
Andani, D. A., & Mahmudah, I. (2023). Media Pembelajaran Bangun Ruang dari Tusuk Sate Untuk Kelas IV MI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 51.
Arigethi, V. P., Sari, I. Y., & Prayogo, M. S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di MI/SD. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 78.
Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Dewi, R. P., & Mahmudah, I. (2023). Pengaplikasian Model Kooperatif Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDIT Al-Furqan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 173.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 73.
Hariyanti, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) pada Kelas X DPIB 1 di SMK NEGERI 2 Ciamis. J u r n a l D i k s a t r a s i a, 6.
Khakim, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 353.
Magdalena, I., & dkk. (2020). Analisis Kompetensi Guru Kelas Rendah Terhadap Pembelajaran di SD Gondrong 7 . Jurnal Edukasi dan Sains, 292.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 168.
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). (Indonesia jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, 15.
Nadiyah, M. I., Zahro, A. M., & Prayogo, M. S. (2023). Analisis Model Pembelajaran TGT Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 57.
Noor, N. A., & Munadar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe Tai Dan Tps) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara .
Nurjanah, E., Hilmawan, H., & Nasrullah, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics , 268.magd
Syahbaniar. (2023). Kunci Sukses Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 48.
Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA JOURNAL, 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.