Implementasi Model Pembelajaran STEM/STEAM dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Pustaka
Keywords:
STEM, STEAM, Kompetensi Abad 21, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Pendidikan abad 21 menuntut penguasaan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi teknologi. Model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan STEAM (dengan tambahan Arts) menjadi pendekatan yang relevan untuk meningkatkan kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran STEM/STEAM di madrasah ibtidaiyah melalui studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis artikel, buku, dan dokumen terkait implementasi STEM/STEAM di jenjang pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STEM/STEAM di madrasah ibtidaiyah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan guru, dan kurikulum perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi. Simpulan penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru, pengembangan media pembelajaran berbasis STEM/STEAM, dan integrasi pendekatan ini dalam kurikulum madrasah ibtidaiyah.
Downloads
References
Arifin, Z., Suryanto, M., & Kurniawan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk mendukung penerapan STEM di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Inovasi, 7(1), 50-65.
Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and opportunities. National Science Teachers Association.
Fadilah, N. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis STEM terhadap kreativitas siswa dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Abad 21, 4(2), 76-83.
Firdaus, M. (2021). Integrasi pendidikan berbasis nilai dalam pembelajaran STEM di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikultural, 12(1), 56-72.
Hashim, H. (2018). Pendidikan berbasis nilai dalam sistem pendidikan Islam: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 33-45.
Kemdikbud. (2022). Laporan implementasi literasi digital dan teknologi di sekolah dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Nugraha, I., Surya, D., & Rahman, M. (2020). Pelatihan guru sebagai kunci keberhasilan implementasi pembelajaran STEM/STEAM. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 30(2), 98-104.
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Viking Press.
Purwanto, A., Fadilah, N., & Hidayati, S. (2021). Penerapan model STEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 22(3), 205-219.
Rahman, A., & Aziz, S. (2021). Pengaruh pelatihan guru terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran STEM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(4), 112-121.
Rahmawati, S., & Sukmawati, I. (2022). Penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran IPA di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 15(4), 150-160.
Surya, D., Sulaiman, H., & Aditya, R. (2022). Peran komunitas pembelajaran dalam implementasi STEM/STEAM. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 89-102.
Yakman, G., & Lee, K. (2012). STEM education: An overview of the current state of STEM research and practice in K-12 education. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 13(5), 6-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.