STRATEGI GURU MADRASAH DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Strategi, PBLAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka memerlukan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki karakteristik khas dalam menjaga nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Legowetan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Madrasah Ibtidaiyah adalah model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan proyek yang relevan dengan materi yang diajarkan dan mencerminkan nilai-nilai keislaman. Sebagai bentuk apresiasi, siswa yang berhasil menyelesaikan proyek diberikan penghargaan (reward), sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Strategi ini tidak hanya mendorong pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tetapi juga memperkuat internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam proses pendidikan. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan aspek akademik dan nilai-nilai religius secara harmonis.
Downloads
References
Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78
Febriyenti, D., Putri, N., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Perkembangan Kurikulum di Indonesia dalam Perspektif Sejarah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 195–214. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.932
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.
Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 115–121. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.