Implementasi Tabel Spesifikasi Dalam Menyusun Soal-Soal Tes Untuk Tingkat SD

45 Views     39 Downloads

Authors

  • Maeva Maulidah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Nurul Tazqiatun Nufus Marsisae Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

Keywords:

Tabel Spesifikasi, Menyusun Soal Tes, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menyoroti penggunaan tabel spesifikasi dalam proses penyusunan soal ujian di tingkat Sekolah Dasar (SD). Tabel spesifikasi berfungsi sebagai alat sistematis yang sangat penting, karena memastikan bahwa soal yang disusun mencakup semua elemen yang ingin diukur, termasuk indikator pencapaian dan kompetensi dasar. Dengan menggunakan pendekatan literatur, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang membahas teori penyusunan soal, pentingnya tabel spesifikasi, serta praktik terbaik dalam konteks pendidikan dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tabel spesifikasi secara signifikan membantu guru dalam merancang evaluasi yang lebih objektif dan terukur. Dengan adanya tabel ini, guru dapat menyusun soal yang tidak hanya relevan tetapi juga mencerminkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, tabel spesifikasi memberikan panduan yang jelas dalam proses evaluasi, sehingga memungkinkan guru untuk mendapatkan gambaran yang akurat mengenai kemampuan siswa.

Oleh karena itu, penerapan tabel spesifikasi diharapkan dapat menghasilkan evaluasi yang lebih optimal dan efisien. Hal ini pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Dasar, dengan memberikan informasi yang lebih baik tentang perkembangan belajar siswa dan membantu dalam pengambilan keputusan pendidikan yang lebih tepat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrean, S., & Maemunah, M. (2020). Analisis perkembangan moral anak melalui pembelajaran aqidah akhlak di MI MA’ARIF Candran. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 54–67. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i2.270
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Indah, M., Karoma, K., & Rusdi, A. (2021). Analisis Tes Butir Soal Guru dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.19109/muaddib.v4i1.8860
Listiana, L. (2021). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Dasar pada Era Socety Development of Evaluation of Basic Education Learning in the Socety 5 . 0 Era at Madrasah Ibtidaiyah Darutt ’ lim Lendang Bao Lombok. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, 5(1), 14–20.
Malawi, I., & Sri Maruti, E. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. AE Media Grafika.
Ningrum, D. S., & Leonard. (2015). PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKASEKOLAH DASAR KELAS 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4 (3), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/muaddib.v4i1.8860
Notar, C. E., Zuelke, D. C., Wilson, J. D., & Yunker, B. D. (2004). The table of specifications: Insuring accountability in teacher made tests. Journal of Instructional Psychology, 31(2), 115–129. http://library.oum.edu.my/oumlib/ezproxylogin?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=13719025
Sofyan, A., Feronika, T., & Milama, B. (2019). Evaluasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurtilas. Yasmi.
Supriyadi. (2021). Evaluasi Pendidikan. Nasya Expanding Management.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Maulidah, M., & Nufus Marsisae, N. T. (2025). Implementasi Tabel Spesifikasi Dalam Menyusun Soal-Soal Tes Untuk Tingkat SD. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 65–76. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/1254

Issue

Section

Articles