PROGRAM MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI

  • Nurul Siti Patonah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya, Indonesia
  • Rizqi Kustati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya, Indonesia
Keywords: Manasik Haji, Meningkatkan Kedisiplinan, Anak Usia Dini

Abstract

Kedisiplinan adalah salah satu hal yang penting yang harus dibiasakan oleh anak usia dini, untuk meningkatkan kedisiplinan anak di RA Asiyah Ciawi dilaksanakan kegiatan manasik haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manasik haji di RA Asiyah, kedisiplinan anak usia dini di RA Asiyah dan bagaimana dampak pelaksanaan manasik haji dalam meningkatkan kedisiplinan anak kelas A di RA Asiyah.   Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan manasik haji dalam meningkatkan kedisiplinan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan/pengorganisasian, dan evaluasi/pengawasan. Dampak dari kegiatan manasik haji terhadap kedisiplinan anak usia dini di RA Asiyah adalah anak jadi mengetahui kegiatan dan tata cara pelaksanaan manasik haji, penanaman agama dan moral yang penting di tanampakn sejak dini, anak menjadi terbiasa hadir tepat waktu ke sekolah, anak menjadi terbiasa berbaris dengan rapih, terbiasa bersikap sabar dalam mengantri giliran dan terbiasa berpakaian dan berpenampilan rapih.  Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya kegiatan manasik haji untuk mengetahui rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji dan untuk meningkatnya kedisiplinan anak usia dini di RA Asiyah, selain itu ketakwaan dan keimanan anak mengenai agama islam menjadi lebih besar. Pelaksanaan manasik haji dalam menigkatkan kedisiplinan anak usia dini di RA Asiyah alangkah baiknya pelaksanaan di rencakana dari jauh-jauh hari agar pelaksnaan bisa berjalan lebih oktimal dan anak dapat memahami bacaan doa-doa. Semua upaya yang dilakukan guru di RA Asiyah di harapkan dapat agar terus berlanjut, meneruskan program-program yang sudah berjalan optimal dan semakin meminimalisir segala bentuk hambatan-hambatan yang ditemui.

References

AFIYAH, N., & USMAN, J. (2022). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MANASIK HAJI. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini). https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.83-96
Agustina, L., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanamkan Kedisiplinan pada Anak Usia 4-5 Tahun. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1426
Ansori, M. (2019). pemahaman dan keterampilan ibadah haji bagi peserta didik, guru dan wali murid melaui pembelajaran praktek manasik haji untuk anak usia dini. (JPPNu), Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 1(1).
Chintia, N. (2019). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD.
Hurlock. (1980). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini. PT. Granmedia.
Kementerian Keagamaan Kabupaten Batang, N., Tengah, J., Albab, U., & Al-Ami, B. (2021). PERMASALAHAN PELAKSANAAN BADAL HAJI DI INDONESIA. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam.
Munawaroh, H., & Ningsih, S. R. (2021). Peningkatan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Latihan Manasik Haji. Journal of Early Childhood and Character Education. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.8728
Soekanto, S. (2010). Kamus Sosiologi. Raja wali Press.
Suryadi. (2013). Kedisiplinan Anak Usia Dini (falah Prod).

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Patonah, N., & Kustati, R. (2023). PROGRAM MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 75-92. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/899
Section
Articles