PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BARANG BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USI 5-6 TAHUN DI KOBER NURUL HUDA ALBISRI
Abstract
Guru di Kober Nurul Huda Albisri menggunakan APE yang bervariasi sebagai media pembelajaran, sehingga anak termotivasi, terlihatnya aktivitas yang memicu anak untuk berfikir kreatif dari beberapa indikator yang tampak yaitu guru membuat aktifitas pembelajaran dalam hal mengungkapkan ide/gagasannya, anak di Kober tersebut dibiasakan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru, baik berupa penggunaan bahan bekas yang dapat digunakan untuk pembuatan APE. peneliti menarik beberapa pertanyaan yaitu bagaimana penggunaan alat permainan edukatif barang bekas, bagaimana perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun, bagaimana hasil kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif barang bekas di Kober Nurul Huda Albisri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan diperkuat dengan adanya triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kober Nurul Huda Albisri Sukapancar bahwasanya penggunaan alat permainan edukatif barang bekas sudah cukup berkembang, perkembangan kreativitas anak sudah cukup berkembang dan hasil kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif barang bekas sudah cukup berkembang dengan baik. Hal ini terlihat bahwasanya sudah mampu mengolah barang bekas menjadi suatu media bermain atau belajar. Perkembangan kreativitas anak di Kober Nurul Huda Albisri perkembangan kreativitas anak sudah cukup berkembang. Hal ini terlihat bahwasanya anak mampu mengolah barang bekas menjadi suatu media bermain atau belajar. Hasil kreativitas anak melalui penggunaan barang bekas di kelompok B Kober Nurul Huda Albisri dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa anak sudah cukup berkembang dengan baik hal tersebut dilihat dari anak sudah dapat menggunting dengan benar, ketepatan dalam melipat/ melipat dengan tepat, dan menempel dengan rapi.
References
Anggraini Khairi. 2019. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Penggunaan Bahan Bekas Kardus.” Pesona Paud 1:1–2.
Ariyanti, Immawan Zidni. 2015. “Efektifitas Alat Permaina Edukatif Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas Dua Di SDN 2 Winotirto Bulu Temanggung.” Psikologi Tabularasa 10:58–59.
Didin Wahyudin. 2020. “Berpikir Kreatif.”
Dini, Perkembangan Anak Usia. 2011. Susanto Ahmad. Jakarta.
Elizabeth, Hurlock B. n.d. Perkembangan Anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Faturahman Puput. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Gustiansyah Kasna. 2020. “Pentingnya Penyusunan RPP Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa.” Darotuna 1:85.
H.R Putri & Christiana. 2013. “Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward.” Universitas Negri Surabaya 4.
Hadi Sutrisno. 1984. Metodologi Risearch. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Hanggara Fathwa Rizza. 2011. Penggunaan Barang Bekas Sebagai Media Berkarya Topeng. Jepara.
Harnieti. 2016. “Pentingnya Bahan Ajar Saat Mengajar.” Opini.
Iskandar. 2006. “Pengertian Barang Bekas.” 2. Retrieved (https://123dok.com).
Jalongo, IseAAQnberg &. 1993. “Kreativitas Anak.”