PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR ANAK DI KOBER CEMPAKA III

  • Fitria Fauziah Hasanah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Nurul Fadilah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Ganjar Julian Pratama Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Pengelolaan, Lingkungan Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Lembaga Pendidikan anak usia dini sebagai tempat anak belajar, perlu memperhatikan
lingkungannya agar menarik untuk anak belajar. Agar menarik, maka dalam penyediaan
dan pengemasan lingkungan belajar tersebut harus dipertimbangkan karakteristik,
perasaan, minat, dan dinamika belajar anak. Diperlukan adanya kerja sama antar
semua komponen sekolah dalam mengelola lingkungan belajar anak. Penelitian ini
menganalisis pengelolaan lingkungan belajar anak di Kober (Kelompok Bermain)
Cempaka III Kawali, Ciamis, Kabupaten Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan diantaranya mengenai
penataan ruang dan perlengkapan belajar, pemilihan dan penggunaan perlengkapan
belajar, gaya penataan tempat duduk dalam ruang kelas, dan suasana psikologis dalam
pembelajaran anak.

References

Adisel. (2019). Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. Journal Of Administration
and Educational Management (ALIGNMENT), 2(2), 105–112.
https://doi.org/10.31539/ALIGNMENT.V2I2.900
Asmah, A., & Mustaji. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai
Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains dan Motorik Halus Anak Usia Dini.
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13–36.
https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/12
Baiti, N. (2020). Konsesp Pengelolaan Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia DIni.
53
Primearly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia DIni , 3(1).
http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/118
Bunga, B. N., Koten, M. L. B., & Koten, A. N. (2019). Pengelolaan Lingkungan Kelas
Sebagai Sarana Bermain Sambil Belajar Bagi Anak TK. Journal of Health and
Behavioral Science, 1(4), 262–274. https://doi.org/10.35508/jhbs.v1i4.2109
Fajarani, R., Sholihah, U., & Khanafi, A. F. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana
dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1233–1241.
Maryana, R., Rachmawati, Y., & Nugraha, A. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar.
Kencana.
https://books.google.co.id/books?id=sW9ADwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=
id#v=onepage&q&f=false
Shawket, I. M. (2016). Educational Methods Instruct Outdoor Design Principles:
Contributing to a Better Environment. Procedia Environmental Sciences, 34, 222–
232. https://doi.org/10.1016/J.PROENV.2016.04.021
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal
Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/JK.V2I2.551
Susanti, S. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD Berbasis
Masyarakat. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1), 71–
79. https://doi.org/10.36706/JTK.V5I1.8216
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. PERKHASA:
Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154.
https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

DOI:
Published
2023-06-30
How to Cite
Hasanah, F., Fadilah, N., & Pratama, G. (2023). PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR ANAK DI KOBER CEMPAKA III. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 45-53. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/699
Section
Articles