DAMPAK POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluarga yang menerapkan pola asuh permisif
dalam pengasuhan kepada anaknya yang masih dalam masa usia dini. Pola asuh permisif
adalah sikap orang tua yang cenderung mengabaikan anaknya. Anak usia dini hasrus
diperhatikan aspek-aspek perkembangannya diantaranya adalah aspek perkembangan
kognitif, sosial emosional, nilai agama dan moral, perkembangan bahasa, fisik motorik dan
perkembangan seni. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai dampak pola asuh
permisif terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh permisif orang tua diantaranya
ditunjukan dengan sikap orangtua tidak mengenalkan agamanya kepada anak, tidak
membiasakan anak untuk beribadah, tidak memberi contoh perilaku mulia berdasarkan ajaran
agama, pola asuh permisif berdampak pada perkembangan nilai agama dan moral anak yang
kurang optimal dibandingkan dengan anak seusianya yang mendapatkan pola asuh lebih baik
dari orangtuanya, perkembangan nilai agama dan moral anak yang mengalami pola asuh
permisif mengalami kondisi yang cenderung belum mengenal agama yang dianut, belum
membiasakan diri beribadah, belum memahami perilaku mulia, belum bisa membedakan
perilaku baik dan buruk, belum mengenai ritual dan hari besar agama, serta belum bisa
menghormati agama orang lain.
References
Kedisiplinan Belajar Anak Kelas V di Desa Karangrowo. Jurnal Inovasi Pendidikan,
2(8), 2591–2594. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1134
Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi
Anak. Lentera, 18(1).
Hermawan, A. (2018). Urgensi Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Di Era Globalisasi. INJECT
(Interdisciplinary Journal of Communication), 3(1), 105.
https://doi.org/10.18326/inject.v3i1.105-123
Lestari, S. (2013). Psikologi keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam
Keluarga). Prenada Media Group.
Lubis, J., Sintiya, Lestari, S., & Khadijah. (2022). Pola asuh orang tua dalam
mengembangkan karakter anak usia dini. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1–10.
https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Marlina, M., & Prayitno, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Singleparent dalam Menumbuhkan
Kemandirian Anak. EduBase : Journal of Basic Education, 2(1), 30.
https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.317
Masni, H., Tara, F., & Hutabarat, Z. S. (2021). Konstribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Perkembangan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jurnal Jendela Pendidikan,
01(November), 239–249.
https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/62%0Ahttps://ejournal.jend
44
elaedukasi.id/index.php/JJP/article/download/62/30
Prasetya, G. T. (2003). Pola Pengasuhan Ideal. PT Elex Media Komputindo.
Satyaninrum, I. R., & Habibah, L. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku
Sosial Pada Anak Usia Dini di TKIT Cahaya Ananda Depok. Jurnal Genius, 2(1).
https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.362
Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan
Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M
STKIP Siliwangi, 2(2), 148. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174
Yapapalin, S., Wondal, R., & Alhadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua
Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 1–10.
https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2111