IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUDPKK DESA KARANG AGUNG KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMU
Keywords:
Bermain Peran, Pendidikan Karakter, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bermain peran dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dinidi PAUD PKK Desa Karang Agung Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode bermain peran dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dinidi PAUD PKK Desa Karang Agung Kecamatan Tanjung Sakti Pumu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD PKK Desa karang Agung secara umum sudah berkembang dengan baik, namun secara khusus masih ada anak yang perlu dibimbing dan dimonitor dalam tahap perkembangan pendidikan karakternya. Karakter yang ditanamkan dalam metode bermain peran meliputi: kejujuran, kedisiplinan, toleransi,dan kemandirian. Dalam mengembangkan tahap pendidikan karakter pada anak dapat dilaksanakan melalui keterampilan berkomunikasi anak melalui tulisan ataupun lisan, sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan, gagasan atau pikirannya. Maka sebaiknya anak dilatih untuk membuat karangan atau tulisan tentang berbagai hal yang terkait dengan pengalaman hidupnya sendiri. Faktor pendukung meliputi guru, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua, lingkungan, dan diri anak.
References
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.798
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50–69. https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I2.410
Hazhari, A., Rahman, T., & Nurlaelah, S. (2022). Studi Luteratur Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 11(1), 43–52. https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/292
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara.
Mustikawati, M. (2012). Kegiatan Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1597
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/PI.V1I1.2992
Sholeh, M. (2014). Membentuk Karakter Dengan Hati Nurani. Erlangga.
Suratmi, N., & Munhaji, U. (2015). Model Pembelajaran “Unfold Circles— untuk Membangun Pendidikan Karakter dan Potensi Anak di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 183–192. https://doi.org/10.24832/JPNK.V21I2.185