PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BUNDA KABUPATEN ACEH BARAT

  • Nurma nurma Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Suyadi Suyadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi pada abad ke-21 menuntut pendidik untuk dapat meningkatkan potensi diri dengan cara menyesuaikan pengetahuan dan kemampuan pada era digital. Kaharusan beradaptasi dengan kemajuan teknologi menjadi permasalahan baru bagi pendidik senior di lembaga pendidikan yang asing dengan keberadaan teknologi digital. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persoalan-persoalan pemanfaatan teknologi digital pada pendidikan anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan wawancara dengan 2 orang guru di sekolah. Analisis data melalui proses reduksi data yang diperoleh, penyajikan data, dan terakhir menarik kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran di TK Harapan Bunda masih mengalami kendala yang dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan pendidik, usia pendidik yang sudah rentang serta adanya keterbatasan jaringan digital di lingkungan mereka tinggal. Perubahan yang cepat diimbangi dengan keterampilan teknologi merupakan tantangan baru bagi pendidik milenial untuk dapat menghasilkan generasi cerdas dalam memanfaatkan teknologi dalam kehidupannya.

References

Agustin, E. A. I. (2021). Strategi Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teruna Bhakti, 4(1), 140–149.
Anza, N. E.-H., & Suyadi, S. (2022). Peran Guru dalam Membangun Moralitas Positif Anak Laki-Laki Sejak Dini Terhadap Perempuan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4574–4580. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2653
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12, 117–134.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 469–473. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12.
Hasyim, N., & Muqoddas, A. (2015). Inventarisasi Cerita Rakyat Dari Kabupaten Demak Melalui Aplikasi Buku Digital (E-BOOK) Interaktif. Andharupa:Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia., 01, 59–68.
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Hewot, Y. R., Khaidir, & Natsir, R. A. (2020). Tanggung Jawab Ayah Single Parent Terhadap Pendidikan Formal Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., Fauziyyah, N., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno Hatta Kel Cimincrang Kec Gedebage Kota Bandung, U., & Barat, J. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/37063
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
Ismawati, & Putri, A. A. (2020). Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 40–53.
Nur Amini, & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Putri, M. S., & . C. (2021). Transformasi Lingkungan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38491
Rafsanjani, T. A., & Rozaq, M. A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidiakn Agama Islam terhadap Perkembangan Anak (Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun 2016/2017. Tajdida, 17(01).
Rostiyati, Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2019). Analisis Nilai Moral Pada Buku Buya Hamka Sebuah Novel BIOGRAFI KARYA HAIDAR MUSYAFA. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 39–47.
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2018). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6259
Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385
Wiresti, R. D., & Suyadi. (2019). Implementasi Permainan Jump Count Melalui ABACUS Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi. VI, 129–140.

DOI:
Published
2022-12-27
How to Cite
nurma, N., & Suyadi, S. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BUNDA KABUPATEN ACEH BARAT. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 1-12. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/532
Section
Articles