MENUMBUHKAN KESADARAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PARENTIG EDUCATION

  • Trisa Oxtapiani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Pola asuh orang tua, Parenting Education

Abstract

Kualitas pengasuhan dan Pola asuh yang tepat dari orang tua terhadap anak akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa yang akan datang. Parenting education merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan di lembagan pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para guru untuk memberikan semangat dan menumbuhkan kesadaran orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak. penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode Deskripsi. Pengambilan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah orang tua dan seluruh guru di Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening, yang dilakukan melalui Parenting Education. Dengan diadakannya kegiatan Parenting Education ini diharapkan orang tua tigkat Pendidikan Anak Usia Dini khususnya di Desa Banyuresmi memiliki pemahaman yang lebih baik lagi bagai mana menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak usia dini.

References

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya 2022. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Berbasis Pedesaan. Tasikmalaya: LPPM.
Muammar Qadafi. (2019). Menumbuhkan kesadaran orang tua dalam menanamkan nilai moral anak usia dini melalui parenting education. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting, terj. Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Triyanto. (2011) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep Landasan, Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: Kencana.

DOI:
Published
2022-06-30
How to Cite
Oxtapiani, T. (2022). MENUMBUHKAN KESADARAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PARENTIG EDUCATION. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 41-48. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/478
Section
Articles