PERAN POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMIC COVID 19

  • Aqida Hapsari Nugrahani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.
  • Naimah Naimah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.
Keywords: Peran Orangtua, Pola Asuh Anak Usia Dini, Pandemi covid-19.

Abstract

Disadari maupun tidak disadari, pengasuhan orang tua selama ini cenderung terfokus pada perawatan, pembimbingan dan keterampilan yang mendasar. Kebanyakan orang tua cenderung hanya berfokus pada kelengkapan fasilitas dan merasa saat anak masuk ke lembaga pendidikan, maka orang tua sudah tidak memiliki tanggungjawab dalam mendidik anak. Padahal, sejatinya pelaksanaan pendidikan bukan hanya tanggung jawab lembaga saja. Namun, tanggung jawab orang tua dan masyarakat sekitar juga. peran orang tua dalam pemberian pola asuh yang tepat diharapkan proses pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana dengan baik dan berdampak positif bagi anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mendeskripsikan peran pola asuh orang tua dalam program pembelajaran jarak jauh selama pandemic covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan menggali data sedalam-dalamnya tentang model dan peran pola asuh orang tua di KB Pangreksa Putra Batealit Jepara dalam mendampingi siswa selama belajar dari rumah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Ada tiga jenis pola asuh orang tua terhadap anak usia dini yakni, pola asuh demokratis, otoriter dan permisif. Dari hasil observasi dan wawancara peran orang tua dalam pola asuh anak usia dini sangat berpengaruh dalam kelancaran proses pembelajaran jarak jauh. adapun peran orang tua selama pembelajaran jarak jauh antara lain Mendampingi anak belajar, meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama, menjalin komunikasi yang intens dengan anak dan melakukan variasi dan inovasi kegiatan dirumah.

References

Dariyo, A. (2011). Psikologi perkembangan anak tiga tahun pertama. Bandung: PT. RefikaAditama.
Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2). 80-93.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1),241-256
Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. (2020). Manajemen komunikasi keluarga saat pandemic Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(8), 707-722
Lestari, S. (2013). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mansur, M.A. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Murtiningsih, D. (2013). Peran orangtua dalam kegiatan bermain anak usia dini (4-6 tahun) di rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21.
Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemic Covid-19. ESENSI, Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-202.
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam, 14(1), 29-50.
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi orangtua terhadap pendidikan anak usia dini: survei pada kelompok bermain di kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72.
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi orang tua siswa tentang kegiatan belajar di rumah sebagai dampak penyebaran Covid-19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(1), 01-07
Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef.Org. https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/kiat-pengasuhan-COVID19#top
Yatim, D.I. dan Irwanto. (1991). Kepribadian, Keluarga, dan Narkotika : Tinjauan Sosial Psikologis.Jakarta Penerbit : Arcan.

DOI:
Published
2022-06-24
How to Cite
Nugrahani, A., & Naimah, N. (2022). PERAN POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMIC COVID 19. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/474
Section
Articles