PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI TK AS SALAM PAGERAGEUNG

  • Lesti Sumiati
  • Oyib Sulaeman Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
  • Niknik Dewi Pramanik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
Keywords: Media Loose Part, Pembelajaran, Menulis

Abstract

Kemampuan menulis permulaan dapat dikembangkan pada anak sejak memasuki masa usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak usia dini melalui penggunaan media Lose Parts. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai wahana pengetahuan dalam peningkatan kemampuan menulis permulaan anak melalui media Lose Parts. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Assalam kp. Cikoranji yang terdiri dari 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis data yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan dapat ditingkatkan melalui metode Lose Parts. Hal ini dapat dilihat pada hasil kemampuan anak pada tahap pra siklus sebesar 57%, meningkat sebesar 17% pada siklus I mencapai 74%, dan meningkat sebesar 19% pada siklus II mencapai 93%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta.

D. Safitri and A. Lestariningrum (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun, J. Pendidikn Anak Usia Dini.

M.P.Dra.Nurbianam Dhieni. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. CV Beringin Indah.

M. Munawar, F. Roshayanti, and S. Sugiyanti, “IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILD HOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY,”CERIA (Cerdas Energik ResponsifInov. Adapt.,vol. 2,no. 5,p. 276,2019, doi:10.22460/ceria.v2i5.p276-285.

Mansur, (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014.

N.E.Nurjanah, (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningatkan Kreativitas Anak Usia Dini,” J. Ilm. Kaji.ilmu anak dan media Inf. PUD, vol. 1, no. 1,pp. 19–31.

T. Ariyanti, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, J.Pendidik.Anak, vol. 30, no. 22 Jan, pp. 588–595, 2018.

T. Caseyand J. Robertson,(2016) Loose Parts Play.


DOI:
Published
2021-12-20
How to Cite
Sumiati, L., Sulaeman, O., & Pramanik, N. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI TK AS SALAM PAGERAGEUNG. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 97-110. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/423
Section
Articles