ANALISIS RELEVANSI PERATURAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN UNDANG-UNDANG PESANTREN

  • Fitria Fauziah Hasanah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: PAUD, Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana undang-undang yang ada di Indonesia, mengatur mengenai pendidikan anak usia dini, serta relevansi dari peraturan perundang-undangan yang ada tersebut pada pendidikan anak usia dini. Dalam artikel ini menjelaskan adanya relevansi peraturan tentang penyelenggaraan pendidikan di Indonesia pada Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Pesantren. TK ibu Hj Euis Siti Ruyanah merupakan lembaga PAUD yang berada di lingkup Pondok Pesantren Suryalaya, memiliki sistem pendidikan yang berbeda dengan lembaga lainnya yaitu menerapkan kurikulum berbasis tasawuf atau yang disebut kurikulum kesuryalayaan. Adanya kurikulum tersebut merupakan implikasi dari ciri khas pesantren yang kemudian diterapkan pada lembaga pendidikan dilingkup pesantren tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang terjadi dilapangan mengenai implementasi pendidikan anak usia dini, sudah sesuai dengan undang-undang sistem pendidikan nasional dan juga undang-undang pesantren, dalam artian dalam pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD yang berada di bawah yayasan pesantren, keduanya tidak menjadi bertentangan.

Published
2021-06-24
How to Cite
Hasanah, F. (2021). ANALISIS RELEVANSI PERATURAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN UNDANG-UNDANG PESANTREN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 15-31. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/401
Section
Articles