IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) DALAM KURIKULUM 2013 DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA

  • Iys Nur Handayani Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia
Keywords: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian autentik (authentic assessment) dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan. Tahapan tersebut meliputi analisis sebelum memasuki lapangan, selama penelitian dan setelah penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi penilaian autentik (authentic assessment) dalam kurikulum 2013 beberapa aspek penting yang dapat diketahui sebagai berikut: prinsip-prinsip penilaian autentik (authentic assessment), lingkup penilaian autentik (authentic assessment), tujuan penilaian autentik (authentic assessment), teknik penilaian autentik (authentic assessment), waktu penilaian autentik (authentic assessment), prosedur dan pengolahan hasil penilaian autentik (authentic assessment), pelaporan penilaian autentik (authentic assessment), etika pelaporan hasil penilaian autentik (authentic assessment).

References

Ifat Fatimah Zahro. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol.1, No.1, Oktober 2015: 92-111.
Kemdikbud. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. [e-book] Kemdikbud. Tersedia di: < http://www.paud.kemdikbud.go.id>
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurikulum 2013 TA 2019/2020 PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. 2019.
Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. Prof. 2012. Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ni Wyn. Meliawati, Md. Suarjana, Luh Pt. Putrini Mahadewi. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema 9 (Makananku Sehat Dan Bergizi). e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015.
Ratih Rizqi Nirwana. 2016. Peer And Assessment Sebagai Penilaian Autentik dalam 2013. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 3, No. 2.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Dalam Kajian Neurosains). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Udin Syaefudin Sa’ud. 2013. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Uno Hamzah B. & Koni Satria. 2013. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Veny Iswantiningtyas & Widi Wulansari. 2018. Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Volume 12 Edisi 2. 361 Jurnal Pendidikan Usia Dini DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122 DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.17
Winda Nuri Adinda, Sri Wahyuni & Khotimatul Majidah S. 2020. Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah. Vol. 8 No. 1. Januari-Juni 2020. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah. e-mail: jurnalraudhah@uinsu.ac.id. ISSN: 2338-2163.
Yosep Herman & Wahyu Yustiana. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

DOI:
Published
2021-06-24
How to Cite
Handayani, I. (2021). IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) DALAM KURIKULUM 2013 DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1-14. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/400
Section
Articles