UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK DI TK BABUSSALAM CINGAMBUL MAJALENGKA

  • Kartika Kartika Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Nurhamzah Nurhamzah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Ganjar Julian Pratama Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Kemandirian, Bermain Kelompok

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di TK Babussalam, Tahun Ajaran 2020/2021 pada kelompok B dengan jumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini didasarkan pada kemandirian anak ketika melakukan permainan yang belum berkembang sesuai harapan. Salah satu cara atau langkah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu melalui kegiatan bermain kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan bermain kelompok di TK Babussalam. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, dan pada setiap siklusnya harus melalui tahapan-tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil observasi pada tiap siklusnya diketahui bahwa telah terjadi peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan bermain kelompok yaitu sebelum tindakan dilaksanakan dimana persentase keberhasilannya hanya mencapai 26,7%. Persentase keberhasilan anak pada siklus I meningkat menjadi 48,9%, pada siklus II juga terjadi peningkatan menjadi 66,7% dan penelitian dihentikan pada siklus III karena keberhasilan anak telah mencapai rata-rata nilai yang telah ditentukan yaitu 91,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan bermain kelompok di TK Babussalam.

References

Istiqomah, W. A. (2012). Pengertian Kemandirian Anak, http://icestick-s.blogspot.com/2012/11/pengertian-kemandirian-anak.
Alam, Nizar Hamdani. (2008). Tekhnik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Rahayasa. Classroom Action Research.
Arikunto, Suharsimi . (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksera.
Muslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Nurani Yuliani Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.
PGTK Darunnajah. (2012). Faktor Pembentuk Kemandirian Anak, http://pgtkdarunnajah .com /2012/ 06/14/faktor-pembentuk-kemandirian anak.
Suhandi. (1996). Metode Penelitian Dalam Teori dan PraktekJakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusunan Kamus Pusat Bahasa. (2005). Tim Penyusunan Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3, Jakarta : Balai Pustaka .
B.E.F Montolulu. (2009). bermain dan permainan anak, Jakarta: Universitas Terbuka
Martuti, A. (2008). Mengelola PAUD Memahami 36 Sifat Pendidik yang Menghambat Pembelajaran. Bantul: Kreasi Wacana.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Gea, A, A. (2008). Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo

DOI:
Published
2020-12-20
How to Cite
Kartika, K., Nurhamzah, N., & Pratama, G. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK DI TK BABUSSALAM CINGAMBUL MAJALENGKA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 134-141. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/399
Section
Articles