PENGARUH BERMAIN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI RA RIYADHUL JANNAH KECAMATAN PANJALU CIAMIS

  • Neneng Sopiatullah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Try Riduwan Santoso Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Bermain Congklak, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini

Abstract

Bermain congklak dapat mempengaruhi kemampuan berhitung anak, khususnya pada anak usia dini. Tetapi lain halnya di RA Riyadhul Jannah bermain congklak telah dilaksanakan semaksimal mungkin tetapi kemampuan berhitung anak masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai oleh pendidik di RA Riyadhul Jannah kurang inovasi, dikatakan demikian karena pendidik hanya menggunakan media LKA (Lembar Kerja Anak) yang mana mengharuskan anak untuk menulis. Sehingga muncul permasalahan di lapangan bagaimana pengaruh bermain congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini dan tujuan penelitiannya untuk mengetahui pengaruh bermain congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaaan/kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data dikumpulkan melalui observasi terhadap 10 orang anak di RA Riyadhul Jannah. Dengan populasi sebanyak 10 peserta didik dengan pengambilan sampel sebanyak 10 orang peserta didik RA Riyadhul Jannah, oleh karena itu teknik sampling yang digunakan dalam penelitian total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif diselesikan melalui pengolahan data deskriptif dengan korelasi Spearman’s Rank Correlation. Berdasarkan hasil pengolahan data metode bermain di RA Riyadhul Jannah nilai rata-rata (X) sebesar 45,8 adalah cukup baik. Kemampuan berhitung di RA Riyadhul Jannah mendapat nilai rata-rata (Y) sebesar 27,4 adalah rendah. Pengaruh bermain congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di RA Riyadhul Jannah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini, dibuktikan dengan nilai rS=0,46 berada pada taraf signifikan 0,41-0,60, maka Ha diterima Ho ditolak. Pengaruh penggunaan bermain congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini sebesar 21,16% sisanya 78,84% ditentukan oleh faktor lain seperti faktor kematangan dan gaya belajar anak masing-masing. Disarankan kepada para peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap bermain congklak dan kemampuan berhitung anak usia dini.

References

Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional. Yogyakarta: Javalitera.
Arikunto, Suharsimi,Prof. Dr. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta
Cahyani, Ni Putu Dian. 2014. Permainan Tradisional: Media Pembelajaran
Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.
Fauziyah, N. (2014). Pengaruh Permainan Balok Dan Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Ditinjau Dari Kesiapan Sekolah Siswa Tk B Paud Insan Fathonah Bejen Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hasan Alwi, dkk, Kamus Besar Indonesia Edisi Ketiga, (Jakarta: Balai Pustaka).
Kementrian Pendidikan Nasional, 2010, Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak, Jakarta, Kementrian Pendidikan Nasional.
Khoirunnisa, H., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2019, December). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Media Congklak. In Seminar Nasional PAUD 2019 (pp. 247-253).
Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Disekolah. Satya Widya, 33(2), 109-116.
Latif Mukhtar, Zukhairina, Zubaidah Rita, Afandi Muhammad. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Li’anah, & Sri, S. (2014). Meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan tradisional congklak pada kelompokB TK Sabilas Salamah Surabaya. e-Journal Universitas Negeri Surabaya, 3, (1)
Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nataliya, P. (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014
PURWANTI, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok A Di Ra Arrohmah Kalibatur.
Pusat Bahasa.(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.
Safitri, E. (2016). Upaya Permainan Congklak Lampung.
Sri, Widiawati. (2013). Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Dan Pembagian Dengan Tema Kerjasama. Skripsi (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia).
Sriningsih, (2018), Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini, Bandung: Pustaka Sebelas, h. 42
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.
Supiyatun, S. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan congklak pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida 1. Tlogoanyar Lamongan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Tim Peneliti. (1981). Permainan Daerah Jawa Barat. Jakarta: Depdikbud,
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.
Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini (Doctora dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).
Wawan, (2015), Pengantar Statistika Pendidikan, Tasikmalaya: CV Latifah.
Yeni., Wuryastuti, S., Supriadi. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Di Kelompok A TK Putra II Serang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal.4 (2): 1-8.

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:
Published
2020-12-20
How to Cite
Sopiatullah, N., Santoso, T., & Nurhayati, S. (2020). PENGARUH BERMAIN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI RA RIYADHUL JANNAH KECAMATAN PANJALU CIAMIS. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 117-133. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/398
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)