PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN

  • Atin Risnawati IAIN Metro Lampung
  • Zaenuri Zaenuri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wildan Nuril Ahmad Fauzi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kecerdasan Sosial Emosianal Anak, Metode Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Literatur. Penelitian ini berutujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan sosial anak dan mendeskripsikan cara mengembangakan kecerdasan sosial anak melalui metode pembiasaan. Hal ini sangat penting karena kecerdasan interpersonal (sosial) dan kecerdasan emosional anak tidak dimiliki secara alami, akan tetapi harus diberi rangsangan sejak dini baik dari baik dari pendidikan dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Itulah sebabnya diperlukan berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembangkannya. Salah satu metode yang dapat digunakan orang tua maupun pendidik sekolah dalam mengembangkan aspek sosial dan emosi pada anak usia dini, yaitu melalui metode pembiasaan. Metode pembiasaan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini antara lain pembiasaan beribadah, berhubungan dengan orang lain, bekerja dan menyelesaikan masalah, berpakaian, gaya hidup, cara belajar, menyikapi lingkungan, dan lain sebagainya

References

Agus, Dariyo, 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: PT Reflika Aditama.
Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Femmi Nurmalitasari, Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah Dalam Jurnal Buletin Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Volume 23, No. 2, Desember 2015: 103 – 111.
Irwansyah & Alia, Tesa.(2018). “Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital”, Dalam A Journal Of Language, Literature, Culture, And Education Polyglot , Vol.14 No.1.
Morisson, George. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Mursid, 2017. Pengembangan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nisa`, Khoirul Mudawinun. (2018), “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Pda Pendidikan Usia Dini Berbasis Living Values Education (Lve)”, (Jurnal Annual Conference For Muslim Scholars, STAI Madiun.
Nurjannah, “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan” dalam HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 14, No. 1, Juni 2017.
Patmonodewo, Soemarsubjekti. 2005. Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi Dan Ulfah, Maulidya, 2016. Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyadi. 2010. Psikomogi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Tim Penyusun Kamus Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Indonesia, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Wahyudin, Uyu Dan Agustin, Mubiar. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini; Panduan Untuk Guru, Tutor, Fasilitator Dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Badung: PT Refika Aditama.
Yudrik Jahja, 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Zainal Aqib, 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, Bandung : Yrama Widya.
Zakiah Darajat, 2005. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

DOI:
Published
2020-12-20
How to Cite
Risnawati, A., Zaenuri, Z., & Ahmad Fauzi, W. (2020). PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 106-116. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/397
Section
Articles