PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT LAMBANG BILANGAN PADA ANAK
Abstract
Meningkatkan kemampuan mengingat anak usia dini maka diperlukan suatu metode dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, agar mereka dapat merasakan belajar sambil bermain. Untuk meningkatkan kemampuan mengingat anak maka guru memberikan suatu metode bernyanyi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan bernyanyi. Bernyanyi dapat bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak. Dengan bernyanyi perasaan anak akan menjadi senang, bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 30 anak dengan sampel peserta didik sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pedoman observasi serta dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif diselasaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data penggunaan metode bernyanyi memperoleh nilai rata–rata hitung ( ) sebesar 7, berada pada interval 7, maka penggunaan metode bernyanyi di paud kober al-istiqomah tergolong baik berdasarkan indikator penelitian. Kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini di paud kober al-istiqomah rata–rata hitung ( ) sebesar 6, berada pada interval 6, maka kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini di paud kober al-istiqomah adalah cukup. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini mempunyai pengaruh positif serta signifikan dengan klarifikasi cukup, dibuktikan dengan nilai rs sebesar 0,41 berada pada interval 0,41 – 0,60, serta hasil dari perhitungan thitung dan ttabel mendapat hasil 4,1 ≥ 2,048 maka ha diterima ho ditolak. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini sebesar 34,81%. Sedangkan sisanya 65,19% dipengaruhi oleh faktor lingkungan luar seperti teman, sebaya, pergaulan dan lingkungan hidup.
References
Ahmadi, Abu dkk.,(2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta
Ardiansyah, Andri dkk. (2015). Pedoman penulisan Karya TulisIlmiah IAILM Suryalaya Tasikmalaya
Badriyah.,(2014). Metode Pembelajaran Bernyanyi. Skripsi Sarjana. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Camphell, D.,(2001). Efek Menyanyi. Jakarta: Granmedia Pustaka Umum
Couto, Nasbahry.,(2016). Psikologi Persepsi Desain Informasi, Yogyakarta: Media Akademik
Departemen Pendidikan Nasional.,(2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3 Jakarta: Balai Pustaka
Djarjamah, Bahri, S.,(2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Ensiklopedia Matematika I.,(2007). Terbitan :Empat Pilar Pendidikan
Fadillah.M.,(2012). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fauzudin. M.,(2014). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Bermain Bercerita Dan Menyayangi Secara Islami. Kediri: Remaja Rosdakarya
Irham, Muhammad & Novan Ardy W.,(2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
KKBI.,(2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta:Pusat Bahasa
Kamtini.,(2020).“Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Dan Angka Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi. Vol. 4, No. 1, 141-145.
Kapadia, Mahesha.,(2006). Mendongkrak Daya Ingat. Bandung: Jabal
Ma’rifah, I.,(2009). Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Membina akhlak Anak Usia Dini. Skripsi Sarjana. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Maskur, Kadiam.,(2004). Pembelajaran Komperatif Dalam Pembelajaran Sains. Malang: Universitas Negeri Malang
Mursid.,(2015). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung; Rosda karya
Santrock, John.,(2007). Perkembangan Anak. Jilid 1, Jakarta: Erlangga
Sugiyono.(2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto.,(2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ridwan.,(2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Supranto.,(1995). Ekonomertika. Jakarta: LPFE-UI
Suyanto, Slamet.,(2005). Dasar Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat
Tan, dkk.,(2015).”Pengaruh Permainan Kartu Kwartet Terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang”.Jurnal Psikodimensia. Vol. 14, No. 1, 105-152
Triatna Sari, Vera.,(2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasilbelajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi Sarjana. Universitas Negri Lampung.
UU NO. 20 tahun 2003. Pasal 3
Wawan.,(2015). Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya: Latifah Press.
Widyastuti, Andini.,(2016). Kesalahan guru Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Wortham,S.C.,(2005). Assessment In Early childhood Education. New Jersey: Pearson
Yuliani.,(2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks