PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT LAMBANG BILANGAN PADA ANAK

  • Rulli Fatmawati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia
  • Oyib Sulaeman Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia
  • Niknik Dewi Pramanik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.

Abstract

Meningkatkan kemampuan mengingat anak usia dini maka diperlukan suatu metode dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, agar mereka dapat merasakan belajar sambil bermain. Untuk meningkatkan kemampuan mengingat anak maka guru memberikan suatu metode bernyanyi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan bernyanyi. Bernyanyi dapat bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak. Dengan bernyanyi perasaan anak akan menjadi senang, bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 30 anak dengan sampel peserta didik sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pedoman observasi serta dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif diselasaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data penggunaan metode bernyanyi memperoleh nilai rata–rata hitung ( ) sebesar 7, berada pada interval 7, maka penggunaan metode bernyanyi di paud kober al-istiqomah tergolong baik berdasarkan indikator penelitian. Kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini di paud kober al-istiqomah rata–rata hitung ( ) sebesar 6, berada pada interval 6, maka kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini di paud kober al-istiqomah adalah cukup. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini mempunyai pengaruh positif serta signifikan dengan klarifikasi cukup, dibuktikan dengan nilai rs sebesar 0,41 berada pada interval 0,41 – 0,60, serta hasil dari perhitungan thitung dan ttabel mendapat hasil 4,1 ≥ 2,048 maka ha diterima ho ditolak. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat lambang bilangan pada anak usia dini sebesar 34,81%. Sedangkan sisanya 65,19% dipengaruhi oleh faktor lingkungan luar seperti teman, sebaya, pergaulan dan lingkungan hidup.

References

Ahmadi, Abu dkk.,(2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta

Ardiansyah, Andri dkk. (2015). Pedoman penulisan Karya TulisIlmiah IAILM Suryalaya Tasikmalaya

Badriyah.,(2014). Metode Pembelajaran Bernyanyi. Skripsi Sarjana. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Camphell, D.,(2001). Efek Menyanyi. Jakarta: Granmedia Pustaka Umum

Couto, Nasbahry.,(2016). Psikologi Persepsi Desain Informasi, Yogyakarta: Media Akademik

Departemen Pendidikan Nasional.,(2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3 Jakarta: Balai Pustaka

Djarjamah, Bahri, S.,(2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Ensiklopedia Matematika I.,(2007). Terbitan :Empat Pilar Pendidikan

Fadillah.M.,(2012). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fauzudin. M.,(2014). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Bermain Bercerita Dan Menyayangi Secara Islami. Kediri: Remaja Rosdakarya

Irham, Muhammad & Novan Ardy W.,(2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

KKBI.,(2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta:Pusat Bahasa

Kamtini.,(2020).“Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Dan Angka Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi. Vol. 4, No. 1, 141-145.

Kapadia, Mahesha.,(2006). Mendongkrak Daya Ingat. Bandung: Jabal

Ma’rifah, I.,(2009). Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Membina akhlak Anak Usia Dini. Skripsi Sarjana. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maskur, Kadiam.,(2004). Pembelajaran Komperatif Dalam Pembelajaran Sains. Malang: Universitas Negeri Malang

Mursid.,(2015). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung; Rosda karya

Santrock, John.,(2007). Perkembangan Anak. Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Sugiyono.(2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto.,(2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan.,(2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supranto.,(1995). Ekonomertika. Jakarta: LPFE-UI

Suyanto, Slamet.,(2005). Dasar Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Tan, dkk.,(2015).”Pengaruh Permainan Kartu Kwartet Terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang”.Jurnal Psikodimensia. Vol. 14, No. 1, 105-152

Triatna Sari, Vera.,(2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasilbelajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi Sarjana. Universitas Negri Lampung.

UU NO. 20 tahun 2003. Pasal 3

Wawan.,(2015). Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya: Latifah Press.

Widyastuti, Andini.,(2016). Kesalahan guru Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Wortham,S.C.,(2005). Assessment In Early childhood Education. New Jersey: Pearson

Yuliani.,(2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks


DOI:
Published
2020-12-20
How to Cite
Fatmawati, R., Sulaeman, O., & Pramanik, N. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT LAMBANG BILANGAN PADA ANAK. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 79-94. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/395
Section
Articles