UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI LATIHAN BERLARI DAN MELOMPAT

  • Acep Tohir Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Motorik Kasar, Berlari, Melompat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berdasarkan pengamatan peneliti masih kurangnya kemampuan motorik kasar anak. Sehingga dilakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran latihan berlari dan melompat untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada Kelompok B Kober Ikhlasul Huda Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Subjek penelitian adalah anak Kober Ikhlasul Huda yang berjumlah 12 orang. Diketahui dari perhitungan hasil analisa data bahwa hasil observasi dan penilaian perencanaan pembelajaran Siklus I mencapai 69% dan Siklus II mencapai 88%. Penilaian pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan aktivitas anak Siklus I mencapai 73% dan Siklus II mencapai 85%. Hasil pembelajaran yaitu kemampuan motorik kasar mengalami peningkatan pada anak setelah dilakukan pembelajaran melalui latihan berlari dan melompat tiap siklusnya. Siklus I sebesar 68% dengan dua orang anak berada pada nilai baik meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan seluruh anak mencapai nilai baik. Disarankan kepada peneliti yang lain untuk dapat mencari dan menggali lagi metode atau model pembelajaran serta media pembelajaran lain yang lebih efektif dalam peningkatan motorik kasar anak

References

Yeni Sulistiawati. (2005). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Depdiknas. (2008). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Formal. Jakarta: Pusat pengembangan Kurikulum.
Sukamti, Endang Rini. (2007). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.
Rumita (2013). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Andi Ali Saladin, (2012). Jurnal AUDHI Vol 1. No 2 Januari 2019. Diunduh 20 September 2021
Arifin, zainal dan Mudjiono (2012) Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Arikunto, (2006)). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

DOI:
Published
2020-06-25
How to Cite
Tohir, A. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI LATIHAN BERLARI DAN MELOMPAT. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 49-60. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/393
Section
Articles