UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI DI TK PGRI KANIA SUKAMANTRI CIAMIS

  • Mila Herawathi Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Nurhamzah Nurhamzah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Niknik Dewi Pramanik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Kecerdasan, Kinestetik, Tari

Abstract

Salah satu potensi anak yang penting untuk dikembangkan yaitu kecerdasan kinestetik. Pemberian stimulasi pada fisik dengan berbagai aktivitas kegiatan yang dilakukan pada anak tersebut merupakan bagian dari peningkatan kecerdasan kinestetik, salah satunya melalui kegiatan tari. Kegiatan tari dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil penerapan kegiatan tari untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak Kelompok B TK PGRI Kania Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain pelaksanaan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi hasil pembelajaran, refleksi dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Diketahui dari perhitungan hasil analisa data bahwa hasil observasi dan penilaian perencanaan pembelajaran: (1) Siklus I mencapai nilai 69% dari 4 kategori dan 16 nilai aspek pengamatan. (2) siklus 2 mencapai nilai 81% dari 4 kategori dan 16 nilai aspek pengamatan berada pada kategori sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru dan aktivitas anak saat kegiatan tari: (1) Siklus I mencapai nilai 65% dari 4 kategori dan 12 aspek pengamatan. (2) siklus 2 mencapai nilai 78% dari 4 kategori dan 12 aspek pengamatan berada pada kategori baik. Penilaian hasil pembelajaran yaitu peningkatan kecerdasan kinestetik anak: (1) Siklus I mencapai persentase 66% dengan 7 orang anak yang termasuk kategori baik. (2) siklus 2 mencapai persentase kelas 84% dengan semua anak yang termasuk kategori baik, dengan hasil akhir berada pada kategori sangat baik. Disarankan kepada peneliti yang lain untuk dapat mencari dan menggali lagi metode atau model pembelajaran serta media pembelajaran lain yang lebih efektif dalam peningkatan pembelajaran.

Published
2020-06-25
How to Cite
Herawathi, M., Nurhamzah, N., & Pramanik, N. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI DI TK PGRI KANIA SUKAMANTRI CIAMIS. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 34-48. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/392
Section
Articles