MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA

  • Khotimatul Majidah s Mahasiswa PIAUD UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Manajemen, Sarana Prasarana, Mutu Pembelajaran

Abstract

Pelaksanaan Sarana Prasarana pendidikan yang dikembangkan dengan baik dalam memanajemennya akan berpengaruh terhadap mutu pembelajaran di suatu lembaga pendidikan khususnya di lembaga PAUD. Dengan pelaksananaan yang baik pula akan menghasilkan output anak yang baik. Metodologi yang dikembangkan untuk penelitian ini ialah menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu dari pembelajaran di PAUD Terpadu Mutiara kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dikembangkan meliputi: tehnik observasi, tehnik wawancara, dan tehnik studi dokumentasi. adapun Subjek dari  penelitian yang dilakukan penulis antara lain  kepala sekolah, guru-guru, operator sekolah, dan koordinator sarana prasarana. Sehingga dari penelitian ini dapat mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa penelitian ini terdapat lima proses tahapan  dalam manajemen sarana prasarana di Paud Terpadu Mutiara kota Yogyakarta, antara lain: (1) Sebuah Perencanaan yaitu kegiatan menganalisis semua sarana prasarana pendidikan yang dibutuhkan. (2) Pengadaan sarana prasarana yang bersumber pada reparasi, dana pemerintah, wali murid, dan yayasan. (3) Penginventarisasi sarana prasarana yaitu pencatatan kode, jumlah, harga barang dan lain yang bertujuan untuk mengendalikan sarana prasarana di sekolah tersebut. (4) kegiatan Pemeliharaan sarana prasarana melalui pemeliharaan sehari-hari dengan melibatkan anak, guru kelas serta koordinator tanggung jawab yang meliputi buku-buku cerita, ruang kelas, alat permainan edukatif dan seluruh media yang terdapat di dalam kelas. Pada pemeliharaan berkala meliputi pemeliharan gedung sekolah dan alat permainan edukatif outdoor dan indoor. (5) kegiatan Penghaapusan sarana prasarana sebagai tahap yang terakhir yaitu dengan melakukan pengahapusan atau mentiadakan terhadap sarana  prasarana yang telah rusak atau hilang, sehingga dari penjelasan diatas menjadikan mutu pembelajaran akan berkembang sesuai dengan struktur  kurikulum yang berlaku dan dengan memilih media yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Published
2019-12-24
How to Cite
s, K. (2019). MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 88-101. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/283
Section
Articles