EKSISTENSI TK NYIMAS OYOH DI PAGERAGEUNG: SEBUAH ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI

  • Ade Siti Maryam Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Rahmah Samrotul Hasanah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Izka Atqia Mustopa Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Fadila Yulia Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Dinda Daruliyah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Elis Nurul Adila Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Eksistensi, Lingkungan Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan belajar untuk anak usia dini pada salah satu Lembaga pendidikan untuk anak usia dini di Kecamatan pagerageung, kabupaten Tasikmalaya yaitu TK Nyimas Oyoh. Pemilihan Lokasi penelitian di Lembaga tersebut dikarenakan Lembaga ini memiliki eksistensi yang baik di lingkungan sekitar kecamatan pagerageung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan eksistensi TK Nyimas Oyoh di lingkungan kecamatan Pagerageung didapatkan karena lokasinya yang mudah diakses serta pengelolaan lingkungan belajar di TK Nyimas Oyoh dilakukan dengan baik, sebagaimana hal-hal yang diperhatikan pada pengelolaan lingkungan belajar di TK Nyimas Oyoh diantaranya adalah pada area indoor (ruang kelas) memperhatikan layout, hubungan antar ruang, organisasi ruang, sirkulasi, lantai, dinding, perabot, pencahayaan, penghawaan, keamanan dan gaya penataan tempat duduk. Serta pada lingkungan outdoor memperhatikan Lokasi, ukuran, pagar, tanah lapang, permukaan serta atap dan naungan serta jenis-jenis permainan dan perlengkapan aktivitas outdoornya.

References

Aji, Pria Purnama. (2019). Instagram Sebagai Sarana Untuk Menunjukan Eksistensi Diri Di Kalangan Mahasiswa UNY, E- Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi. Vol 1. No 2. https://journal.student.uny.ac.id/societas/article/view/9089
Bunga, B. N., Koten, M. L., & Koten, A. N. (2019). Pengelolaan Lingkungan Kelas sebagai Sarana Bermain sambil Belajar bagi Anak TK. Journal of Health and Behavioral Science, Vol. 1, No.4. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CJPS/article/view/2109
Hasanah, Fitria Fauziah., Prameswari, Woro., Kustanti, Rizqi., Nurassyfa, Rania Nataesa. (2023). Healthy Learning Environment Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 1.https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Atthufulah/article/view/3160
Imaniyah, Alfiyatul. (2017). Eksistensi Pendidikan Karakter Peserta Didik dalam Balutan Full Day School. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas. Vol.5 No.2. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROGRESS/article/view/1978
Manoppo, Febri Kurnia., Tulung, Jeane Marie., Kandowangko, Lidya., Prabowo, Paulus Dimas. (2021). Tantangan dalam Perencanaan dan Pengelolaan Lingkungan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Pada Komunitas Urban Kota Manado di Masa Pandemi Covid-19. Montesori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 2. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/montessori/article/view/743
Mariyana, Rita., Setiasih, Ocih., (2017). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 15, No.3. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11020
Sianturi, Risbon. Nabila., Alfika, Suciawati, Dewinta Tri., Saputri, Ririn Oktaviani., (2023). Prinsip Dan Prosedur Pengelolaan Lingkungan Belajar Di RA Baiturrahman, Tasikmalaya. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6, No. 1. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/2292
Sudirman, Rianti., Utina, Sitriah Salim. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD di TK Sinar Jaya Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Jurnal ECIE : Early Childhood Islamic Education Journal (ECIE). Vol. 2 No. 2. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/view/233
Tambunan, Veny Rosaria., Herawati P, Julita. (2023). Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin Permai Kecamatan Sipoholon. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi. Vol. 1 No 2. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jpat-widyakarya/article/view/693
Yuliarti, Anik Dwi., Afrianingsih, Anita., Munawaroh, Hidayatu. (2024). Penerapan Pengelolaan Lingkungan Belajar Dengan Model Area Di TK TA Yasaha III. Jurnal AL-FITRAH (Kajian Pendidikan Anak Usia Dini). Vol. 3. No 1. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6900

DOI:
Published
2024-07-23
How to Cite
Maryam, A., Hasanah, R., Mustopa, I., Yulia, F., Daruliyah, D., & Adila, E. (2024). EKSISTENSI TK NYIMAS OYOH DI PAGERAGEUNG: SEBUAH ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1-18. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/1118
Section
Articles