PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK

  • Wawan Wawan
  • Siti Ulfah Kuraesin IAILM Suryalaya
Keywords: Teman sebaya, prestasi belajar peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi teman sebaya, prestasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan populasi 102 orang. Teman Sebaya diperoleh nilai rata-rata 31,48 angka tersebut berada pada klasifikasi sangat baik. Prestasi belajar diperoleh rata-rata 71,12 berada pada klasifikasi sangat baik. Harga rs sebesar 0,98 berada pada klasifikasi sangat tinggi. Derajat determinasi antara variabel (X) dengan variabel (Y) adalah 96,04 % menunjukan bahwa peningkatan prestasi belajar sebesar 96,04 % ditentukan oleh teman sebaya. Hasil perhitungan ternyata sebesar 26,51 sedangkan berdasarkan taraf signifikasi α = 0,15 diperoleh dalam daftar t (0,85). (29) = 24,65. Dengan 26,51 ≥ 24,65 sehingga diterima dan ditolak. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan prestasi belajar sebesar 96,04% ditentukan oleh teman sebaya, sisanya sebesar 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu. (2007) Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta
Alghazali. (2005). Ihya Ulumiddin. Bandung: Pustaka.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Baharuddin, Esa Nur Wahyudi. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Danim, Sudarwan. (2013). Perkembangan Peserta Didik: Alfabeta
Depdiknas (2003) Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fakultas Tarbiyah IAILM. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi.
Hurlock, Elizabeth. (2002). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Itsnaini, Nurhikmah Jufri. (2017). Pertemanan Persektif Islam. Tesis Magister Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir (Tidak dipublikasikan). Makasar : Program Pascasarjana UIN Alauddin Makasar.
Munggaran, Nita Anjung dan Neneng Hartini. (2009). Meraih Sukses Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Wahana Karya Grafika.
Ngalim, Purwanto. (2006.) Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Partowisastro, Koestoer. (1983). Dinamika Psikologi Sosial .Jakarta: Erlangga
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rahayu, Septiana. (2017). Pengaruh lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slavin, Robert E. (2008) Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana, N. (2005.) Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. (2003). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilowati, Andari. (2009). Pengaruh Motivasi, Minat Dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akafarma Sunan Giri Ponorogo. Skripsi: Universitas Surakarta.
Syah, Muhibbin (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaodih, Nana Sukmadinata. (2009.) Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tafsir, Ahmad. (2007). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tirtarahardja Umar, La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Umar, Husein. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Selemba Empat.
Vembriarto. (2003). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana.
Wawan. (2015). Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya: Latifah Press.
Wawan. (tanpa tahun). Pengantar Statistika pendidikan. Tasikmalaya: Latifah Press.

Published
2020-11-03
How to Cite
Wawan, W., & Kuraesin, S. (2020). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 84-93. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.230