PENGARUH EKSTRAKURIKULER BACA TULIS QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Try Riduwan Santoso IAILM Suryalaya Tasikmalaya
  • Ramdan Hidayat IAILM Suryalaya
Keywords: Intensitas Peserta Didik, Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Baca Tulis Quran di Madrasah Diniyah terhadap prestasi pada Mata Pelajaran PAI di SDN 3 Cibeureum Sukamantri Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena proses metode tersebut untuk mengungkapkan dan menganalisis serta memberikan gambaran mengenai fakta-fakta yang akan diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Hasil uji hipotesis diperoleh, bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Quran dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari harga koefisien korelasi sebesar 0,88 angka tersebut jika di interprestasikan ke dalam interprestasi koefisien korelasi berada antara 0,81100,0 dengan tingkat korelasi cukup. Dan derajat determinasi hubungan sebesar 77% dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh daftar dalam daftar thitung 4,465. Sedangkan ttabel diperoleh 1,734. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intesitas kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Abdurahman An-Nahlawi, (1996), Prinsip-prinsip dan Metode Pendidika Islam. Bandung: CV. Yogyakarta
Abdurahman An-Nahlawi, (1980), Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga Sekolah dan Masyarakat. Alih bahasa Herry Noer Ali, CV. Diponegoro, Bandung
Abuddin, Nata. 2001. Perspektif tentang Pola hubungan guru-murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Al-Qur’an dan Terjemahnya
Ashani M. Hanafi, (1996), Kamus Pshycology. Surabaya: Usaha Nasional
B. Suryobroto, (2009), Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah, (1992), Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daradjat, Zakiah, (1996), Ilmu Jiwa Agma. Jakarta: Bulan Bintang
Departemen Agama RI, OP. Cipt. 2006
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, (1995), Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Cet. Jakarta: Balai Pustaka
Departemen Pendidikan Indonesia, (2003), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (2007), Kurikulum Daerah. Pasuruan http://fahrurrozi.com/kompetensi-guru-pendidikan-agama-islam/ http://Stainurulhidayah.ac.id.//Metode-Pembelajaran-Baca-Tulis-Quran.blog
Isro, M.Ag, (2013), Presentasi Kelompok I tentang Baca Tulis Alquran (BTA), Jenis, Metode dan Cara Pembelajarannya. Bumiayu.
M. Arifin, (1994), Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Muhibbin Syah, (2008), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Partanto, dkk. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Arloka, tanpa tahun
Poerwadarminto, W.J.S, (1987), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rohmat, Mulyana,(2011), Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabaeta
Syafaat, dkk, (2008), Perilaku Manusia (Teori dan Pengukurannya). Cet-2, Pustaka Pelajar
Rohmat, Mulyana,(2011), Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabaeta
Tafsir,Ahmad.1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tafsir, Ahmad, (1995), Ilmu Pendidikan Dalam Islam. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya
TAP MPR RI NO.II/MPR/1988, Tentang Garis-garis Besar Haluan Negara. BP7 Pusat, Jakarta
Wawan,(2015), Desain Penelitian Kuantitatif. Suryalaya: Latifah Press
Wawan,(2015), Pengantar Statistik Pendidikan. Suryalaya: Latifah Press
W.S Winkell, (1987), Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Zainuddin, dkk, (1990), Seluk Beluk Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2020-11-03
How to Cite
Santoso, T., & Hidayat, R. (2020). PENGARUH EKSTRAKURIKULER BACA TULIS QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 74-83. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.229