Konsep Jual Beli Dalam Perspektif Al-Quran Dan Al-Sunnah (Urgensitas Penerapan Prinsip Halalan Thayyiban sebagai indikator dalam Mengukur Hukum Keabsahan terhadap Praktik Jual Beli)

  • Acep Faizal Ramdan Pasca Sarjana Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neli Purnamasari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Qur'an, Al-Sunnah, Buy, Sell, Halal

Abstract

This research is based on the fact that the majority of Indonesian Muslims do not yet understand the concept of good buying and selling perspective of the Quran and Al-Sunnah. The concept of buying and selling that they understand is only for the fulfillment of the buyer's needs, and to pursue the seller's profit, without considering the maslahat and its mafsadat. The purpose of this research is to describe the urgency of the principle of halalan thayyiban in the concept of buying and selling according to the Quran and Al-Sunnah. The method used is descriptive, by presenting the concept of buying and selling according to the perspective of the Quran and Al-Sunnah, while the data collection technique is a study of libraries from journals and books related. The results showed that the sale of halalan tayyiban was a necessity because it was part of the terms of the trade. The trade transaction is not halal and good then the sale becomes bathi. The basis of the law of buying and selling with halalan thayyiban is Q.S. al-Baqarah: 172-173 and hadeeth by Bukhari Muslim in the book of Bulughul Maram hadeeth to 801, on the prohibition of buying and selling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Sunarto. “Ensiklopedi Tematis Ayat Alquran Dan Hadits Jilid 7.” Dalam Tematis, 10. Widya Cahaya Jakarta, 2016.

Akbar Musfira, dan Asse Ambo. “Analisis Tingkat Kecurangan dalam Takaran dan Timbangan bagi Pedagang Terigu (Studi Kasus di Pasar Sentral Maros),” 2017.

Al-Hafizh ibnu Hajar Al Asqalani. Bulughul Maram. Bandung: Darul Kitab al-Arabiah indonesia, 1448.

Al-Wasim Arif. “Label Halal dan Hukum Asal Bahan Pangan.” Studi Al-Quran dan Hukum 2, no. 2 (2017): 311–26.

Darmawati. “Perilaku Jual Beli di Kalangan Pedagang Kaki Lima dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.” Fenomena IV, no. 2 (2012).

Djuaedi, Wawan. Fiqih. Jakarta: Lista Farista Putra, 2008.

Fhatoni Nur. “Konsep Jual Beli dalam Fatwa DSN-MUI.” Konsep Jual Beli Dalam Fatwa DSN-MUI IV (2013).

Ghoffar, M. Abdul. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2004.

Ghufron Ihsan. Fiqh Muamalat. Jakarta: Prenada Media Grup, 2008.

Hendiana Runto, dan Ahmad dasuki Ali. “Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Hukum Islam.” Al-mushtasfha 3, no. 2 (2016).

Imam Jalaludin As-Suyuti, dan Imam Jalaludin Al-Mahalli. Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2003.

Lahaling Hijrah, Makkulawuzar Kindom, dan Rukka Singkeru. “Labelisasi Haram terhadap Perlindungan Konsumen.” Hasanuddin Law Review 1, no. 2 (2015).

Makki Hali. “Persfektif Hukum Islam terhadap Hak Arisan di Desa Kropoh Sumenep.” istidlal 1, no. 1 (2017).

Mulyani, Endang. Ringkasan Eksekutif Hasil Survei Penyahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa Tahun 2016 (2016).

Muttaqin Azhar. “Transaksi E-Comerce dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam.” ulumuddin VII, no. 1 (2013).

Nasrun Haroen. Fiqih Muamalah. jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.

Negeri, Pusat Pengkajian Perdagangan Luar. “Laporan Analisis Impor Produk Minuman Beralkohol Melalui Pelabuhan Tertentu.” Jakarta, 2016.

Nurjannah, dan Juju Jumena. “Praktek Jual Beli Kain Kiloan dalam Perspektif Hukum Islam.” Al-Mustashfa 3, no. 2 (2016).

Rachmawati, Ira. “buwas pengguna narkoba meningkat hingga 5,9 juta orang.” kompas.com. 2016.

Rozalinda. Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Sabiq Sayyid. fiqih sunnah, juz 3, 1983.

santosa, purbayu budi, Muttaqin, dan aris anwaril. “Larangan Jual Beli Gharar ; Telaah dari Musnad Ahmad bin Hanbal.” Ekonomi Syariah 3, no. 1 (2015): 157–73.

Shobirin. “Jual Beli Dalam Pandangan islam.” Jual Beli dalam Pandangan Islam 3 (2015): 2.

Sudirman, dan Dahlan Tamrin. “Urgensi Labelisasi Halal di Tingkat Lokal.” El-Qudwah, 2012.

Syafe’i Rachmat. Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Syaifullah. “Etika Jual Beli Dalam Islam.” Etika Jual Beli Dalam Islam 11 (2014): 2.

Waluyo. “Pengaruh Pemahaman Agama, Motivasi Mendapatkan Profit,Tingkat Pendidikan terhadap Kesadaran Sertifikat Halal bagi Produsen di Kabupaten Sleman Bantul.” Inferensi VII, no. 1 (2013): 75–98.

Widyaningrum, dan Premi Wahyu. “Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian.” Ekonomi Syariah Indonesia VI, no. 12 (2016).

Zuhaily, Wahbah. al-Fiqh al-Islam wa Adillatuh, juz 4, 1984.

Zumar Muhammad. “Sertifikat Halal Studi Perbandingan Indonesia dengan Thailand.” Shahih: Journal of Islamicate Multidisciplinary 1, no. 1 (2016).


Published
2020-12-21
How to Cite
[1]
Ramdan, A. and Purnamasari, N. 2020. Konsep Jual Beli Dalam Perspektif Al-Quran Dan Al-Sunnah (Urgensitas Penerapan Prinsip Halalan Thayyiban sebagai indikator dalam Mengukur Hukum Keabsahan terhadap Praktik Jual Beli). Mutawasith: Jurnal Hukum Islam. 3, 2 (Dec. 2020), 140-`171. DOI:https://doi.org/10.47971/mjhi.v3i2.215.
Section
Articles