http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/issue/feed MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2024-01-03T14:39:48+00:00 Nana Suryana suryanaaljoe@gmail.com Open Journal Systems <p>MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru MI is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The journal is published by Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Latifah Mubarokiyah Islamic Institute.&nbsp;This Journal is published every June and December annually.<a title="p-issn" href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1549445908&amp;801&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">p-issn</a>&nbsp;<a href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1549270399&amp;526&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">e-issn</a>&nbsp;</p> http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/868 Analisis Model Pembelajaran TGT Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum 2024-01-03T13:49:37+00:00 Mu’tiqoh Izzatun Nadiyah haha123@gmail.com Arini Maulidiyatuz Zahro haha123@gmail.com Muhammad Suwignyo Prayogo haha123@gmail.com <p>Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya model pembelajaran TGT materi sistem <br>pencernaan pada manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum dianalisis berdasarkan fakta yang ada <br>di lapangan. Dalam penelitian ini bertujuan guna mengetahui penganalisisan model <br>pembelajaran TGT materi sistem pencernaan pada manusia melalui sumber yang ada. Jenis <br>penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi <br>kepustakaan. Pendekatan kualitatif merupakan suatu pendekatan yang bermaksud dalam <br>menafsirkan kejadian dimana suatu kejadian tersebut instrumen kunci ialah peneliti dengan <br>pengumpulan suatu data pada latar yang ilmiah. Studi kepustakaan atau library research <br>memanfaatkan sumber perpustakaan guna memperoleh suatu data penelitian. Dalam studi <br>kepustakaan ini lebih tegasnya bahwa kegiatan yang di hasilkan di peroleh dari koleksi <br>perpustakaan tidak diperlukan penelitian secara langsung. Subjek dalam penelitian ini <br>merupakan peserta didik kelas V MI. Nurul Ulum dengan 30 peserta didik yakni 15 peserta <br>didik perempuan serta 15 peserta didik laki-laki. Tempat penelitian atau setiing penelitian <br>dilaksanakan di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Sidomukti. Teknik pengumpulan <br>data dalam penelitian ini menggunakan kumpulan dari refrensi yang bersumber dari buku, <br>jurnal ataupun yang lainnya. Kesimpulan penelitian ini ialah dengan pembaca bisa <br>mendeskripsikan serta menganalisis model pembelajaran TGT materi sistem pencernaan pada <br>manusia IPA kelas V MI Nurul Ulum.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/866 Analisis Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPAS di SDN 09 Baringin 2024-01-03T13:35:07+00:00 Rahmalia Ismail rahmalia@gmail.com Yufi Latmini Lasari haha123@gmail.com <p>Pembelajaran adalah suatu proses interaktif dimana seserang dapat memperoleh pengetahuan, <br>keterampilan, sikap, dan pemahaman melalui pengajaran dan pengalaman yang telah diberikan <br>oleh guru dan lingkungan belajar itu sendiri. Hal ini mencakup interaksi guru dan siswa, siswa <br>dengan lingkungannya. Akibatnya, guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang <br>berdiferensiasi selama proses pembelajaran, yang memungkinkan siswa untuk berkontribusi pada <br>potensi dan kemampunnya sendiri. Selanjutnya, guru membantu siswa dengan memberikan <br>bimbingan dan pembinaan agar mereka menyadari potensi dan kemampuan mereka. <br>Pembelajaran berdiferensiasi ini meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Tujuan dari <br>penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar, terutama <br>tentang mata pelajaran IPAS yang diajarkan secara berdiferensiasi. Di SDN 09 Baringin <br>pembelajaran berdiferensiasi dengan belajar materi IPAS Pembelajarannya sangat menyenangkan <br>karena pada materi ini memuat pengalaman yang ada dikehidupan sehari- hari siswa. Metode <br>penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian <br>deskriptif. Infomasi tentang penelitian didapat melalui dengam melakukan observasi, wawancara <br>dan dokumentasi. Dengan melakukan observasi, peneliti mempunyai kesempatan langsung untuk <br>megamati obyek yang akan ditelitinya. Tujuan peneletian melakukan wawancara adalah untuk <br>mengetahui informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik yang akan diteliti. Menurut peneltian <br>yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diperoleh temuan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini <br>telah dilaksankan di sekolah oleh guru. Melalui pembelajaran berdiferensiasi ini guru sangat <br>merasa senang karena siswa lebih aktif dan antusias saat belajar materi IPAS.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/867 Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di MI/SD 2024-01-03T13:42:52+00:00 Vinda Putri Arigethi vindaputri13052002@gmail.com Irma Yunita Sari haha1234@gmail.com Muhammad Suwignyo Prayogo haha1234@gmail.com <p>Penelitian ini latarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik <br>ialah pengalaman pesta didik yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi <br>terkhususnya di sekolah dasar ialah rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang <br>diterapkan oleh pendidik dapat dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil <br>belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran<br>kooperatif yang mengharapkan siswa untuk aktif dan membangkitkan semangat sehingga dapat saling <br>mendukung dan membantu dalam menguasai materi pembelajaran yang telah dipelajari. Tujuan dari <br>penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan <br>model pembelajaran PBL pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitiannya menggunakan metode deskriptif <br>kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan dimana mencari data melalui internet atau elektronik<br>atau media cetak seperti Google scholar, buku, jurnal, artikel, dll. Analisis yang digunakan dalam penelitian<br>ini adalah pemeriksaan informasi atau data, yang meliputi pertukaran pemikiran secara mendaam tentang <br>data yang telah ditulis dalam media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran <br>berbasis masalah dapat lebih mengembangkan pengalaman dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sains di <br>kelas sekolah dasar</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/869 Pencapaian Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Big Books Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 2024-01-03T14:02:55+00:00 Dera Nurkhusniah Drajat haha1234@gmail.com Nana Suryana nana@gmail.com Nita Anjung Munggaran haha1234@gmail.com <p>Kemampuan membaca di kelas awal sangat berperan penting sebagai pondasi atau dasar penentu <br>keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa. Namun faktanya keterampilan membaca permulaan peserta didik <br>kelas I SD Negeri 3 Cikarag masih rendah. Hal ini ditandai dengan peserta didik masih menirukan kalimat <br>yang dibaca guru tanpa memperhatikan kalimat yang dibaca, dan peserta didik belum memperhatikan lafal <br>serta intonasi dalam membaca. masalah tentang rendahnya keterampilan membaca kelas 1 harus diatasi agar <br>kedepannya peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam hal membaca.<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pencapaian keterampilan membaca <br>permulaan peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah menggunakan media Big Books <br>dibandingkan dengan sebelum menggunakan media Big Books di SD Negeri 3 Cikarag. <br>Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre experimental design (nondesigns), bentuk pre <br>experimental one group pre-test post-test Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 3 Cikarag <br>sebanyak 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun <br>teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan angket.<br>Pencapaian keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan media Big Books sebanyak 11 <br>peserta didik (33%) yang sudah mencapai keterampilan membaca permulaan. Pencapaian keterampilan <br>membaca permulaan setelah menggunakan media Big Books 28 peserta didik (85%). dan Pencapaian <br>keterampilan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah <br>menggunakan media Big Books dibandingkan dengan sebelum menggunakan menggunakan media Big Books <br>terdapat perbedaan yang signifikan. diperoleh ????ℎ???????????????????? &gt; ???????????????????????? atau 7,89 &gt; 3,622 sehingga dapat <br>disimpulkan ???????? ditolak dan ???????? diterima.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/871 Problematika Perencanaan Pembelajaran IPS MI Nurul Islam Banjarmasin 2024-01-03T14:39:48+00:00 Eka Yuliani haha1234@gmail.com Huriyah Huriyah haha123@gmail.com <p>Proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS penting dilakukan guru karena dengan <br>perencanaan yang baik, maka guru akan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian <br>untuk mengetahui proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS, problematika yang dihadapi <br>guru pada penyusunan pembelajaran IPS, dan upaya mencari solusi atas permasalahan pada <br>perencanaan IPS untuk Kelas IV. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan yang <br>bersifat pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan guru wali kelas IV dan <br>objeknya problematika penyusunan perencanaan pembelajaran IPS kelas IV pada MI Nurul Islam. <br>Teknik pengumpulan data yang dipakai merupakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. <br>Adapun teknik analisis data yang dipakai ialah deskriptif kualitatif dengan model Miles and <br>Hubermen. Hasil penelitian ini (1) komponen perencanaan pembelajaran yang disusun guru IPS <br>kelas IV telah sesuai dengan komponen RPP yang ditetapkan Permendikbud, namun terdapat <br>perbedaan pada penilaian hasil pembelajaran. (2) problematika yang dihadapi guru IPS kelas IV <br>yaitu, (a) keterbatasan waktu yang dimiliki guru untuk menyusun RPP IPS, (b) Kesulitan dalam <br>memilah media dan tidak mempunyai cukup waktu dalam membuat media sendiri, (c) kesulitan <br>dalam menentukan alokasi waktu pada penyusunan RPP IPS. (3) Upaya mengatasi problematika <br>penyusunan perencanaan pembelajaran IPS yaitu, (a) Mengadaptasi RPP yang tersedia serta <br>membuat RPP pada awal semester, (b) Menggunakan video pembelajaran yang tersedia di Youtube<br>serta menggunakan media audio, dan (c) menggunakan model pembelajaran kooperatif serta <br>memprioritaskan materi ajar dan memahami lebih mendalam terkait materi ajar sehingga dapat <br>menentukan alokasi waktu yang tepat.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##