EVALUASI POTENSI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research), yang dimana penelitian ini menggunakan beberapa karya yang ada, baik berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber lain yang relevan. Dalam proses ini penulis mengumpulkan beberapa sumber informasi berupa, menelaah dan mengulas sumber-sumber yang ada, serta mencatat ide pokok yang penting untuk disimpulkan dan menuliskannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Evaluasi potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD. Meskipun masih ada kendala dan tantangan yang perlu diatasi, Kurikulum Merdeka menawarkan potensi besar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif, responsif, dan inovatif. Dengan upaya yang terkoordinasi dari berbagai pihak, Kurikulum Merdeka dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia guna masa depan yang cemerlang.
Downloads
References
Andriani, N. S. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Mamba’ul Hisan Tempuran Magelang. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 326–333. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18249
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. 4, 98–112.
Astuti, Y. D. (2024). Dampak dan tantangan terhadap Transformasi kurikulum di Satuan Pendidikan. 5(2), 1071–1080.
Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Fakhri Akhmad. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. C.E.S (Confrence Of Elementary Studies), 1(1), 32–40.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Masfufa, P. W. I., Uyyun, R. S. K., Listiyani, R., Rahma, Y. A., Saputro, A. E., & Renanda, Y. A. Z. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri Tembarak. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1307–1312. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2014
Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum. 190–203.
MASKUR, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Maulida, N., Auliya Vilda Ghasya, D., Pranata, R., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(01), 6414–6420.
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Paluvi, I., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengambilan Keputusan : Penerepan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. 3, 2652–2672.
Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Transformatif, I. K., Perbaikan, D., Pendidikan, M., Program, P., Di, S. P., Katman, I., Akadira, T., Harapan, U. P., Terbuka, U., & Selatan, T. (2023). Implementation Of Transformative Leadership And Improving The Quality Of Education In The Mobile School Program In Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 378–387. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Zulela, M. S. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48–52.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.