EVALUASI POTENSI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD

  • Alpina Damayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Afandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Neshia Liza Apriel Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Pintaria Mubarokah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Alif Yuda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Evaluasi, Kurikulum Merdeka, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD. Metode penelitian ini  menggunakan  studi  pustaka  (library  research),  yang dimana  penelitian ini menggunakan  beberapa  karya  yang  ada,  baik  berupa  buku,  jurnal,  artikel, atau sumber lain yang relevan. Dalam proses ini penulis mengumpulkan beberapa sumber informasi berupa, menelaah  dan  mengulas  sumber-sumber  yang  ada, serta mencatat ide pokok yang   penting  untuk disimpulkan dan menuliskannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Evaluasi potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD. Meskipun masih ada kendala dan tantangan yang perlu diatasi, Kurikulum Merdeka menawarkan potensi besar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif, responsif, dan inovatif. Dengan upaya yang terkoordinasi dari berbagai pihak, Kurikulum Merdeka dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia guna masa depan yang cemerlang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, N. S. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Mamba’ul Hisan Tempuran Magelang. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 326–333. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18249

Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. 4, 98–112.

Astuti, Y. D. (2024). Dampak dan tantangan terhadap Transformasi kurikulum di Satuan Pendidikan. 5(2), 1071–1080.

Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Fakhri Akhmad. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. C.E.S (Confrence Of Elementary Studies), 1(1), 32–40.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Masfufa, P. W. I., Uyyun, R. S. K., Listiyani, R., Rahma, Y. A., Saputro, A. E., & Renanda, Y. A. Z. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri Tembarak. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1307–1312. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2014

Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum. 190–203.

MASKUR, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Maulida, N., Auliya Vilda Ghasya, D., Pranata, R., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(01), 6414–6420.

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Paluvi, I., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengambilan Keputusan : Penerepan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. 3, 2652–2672.

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Transformatif, I. K., Perbaikan, D., Pendidikan, M., Program, P., Di, S. P., Katman, I., Akadira, T., Harapan, U. P., Terbuka, U., & Selatan, T. (2023). Implementation Of Transformative Leadership And Improving The Quality Of Education In The Mobile School Program In Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 378–387. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Zulela, M. S. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48–52.


Published
2024-07-18
How to Cite
Damayanti, A., Afandi, M., Apriel, N., Mubarokah, P., & Yuda, M. (2024). EVALUASI POTENSI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 14-22. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v7i1.936
Section
Articles