PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH

  • Muhamad Yusron STKIP PGRI Trenggalek , Trenggalek, Indonesia
  • Ari Metalin Ika Puspita STKIP PGRI Trenggalek , Trenggalek, Indonesia
  • Flora Puspitaningsih STKIP PGRI Trenggalek , Trenggalek, Indonesia
Keywords: Keterampilan Berbicara, Literasi Digital, Media Pop Up Book

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui media pop up book berbasis literasi digital serta melihat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media pop up book berbasis literasi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah media pop up book berbasis literasi digital terdapat perbedaan hasil keterampilan berbicara sebelum dan sesudah penggunaan media pop up book berbasis literasi digital dan terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah penggunaan media pop up book berbasis literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop Up Siswa Kelas III SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, Riani (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop Up Siswa Kelas Iii Sd Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, PGSD
Cahyani, N. A., Djuanda, D. dan Sudin, A. (2017). Penerapan Metode Vaks (Visual, Auditory, Kinestethic, Sugestopedia) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Memerankan Tokoh Drama. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 2, No.1.
Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Puspita, A. M. I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.
Setyawan, D., Usada. dan Mahfud, H. (2014). Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Surakarta. FKIP Universitas Sebelas Maret.
Solichah, L. A. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. FIP Universitas Negeri Surabaya. Volume 06 Nomor 09.
Widyastuti, R. A. dan Nusantoro, R. (2016). Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, Vol. 3, No.1.

Published
2020-06-25
How to Cite
Yusron, M., Ika Puspita, A., & Puspitaningsih, F. (2020). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 39-45. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.208
Section
Articles