PENERAPAN METODE SQ3R BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

  • Yola Sofi Pandeas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Dyah Lyesmaya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Arsyi Rizqia Amalia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengingkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)berbasis daring. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada siswa kelas IV di salah satu SD Negeri Baros Kencana CBM di Kota Sukabumi semester II Tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Dari hasil penelitian pada pra siklus melalui tes indikator keterampilan membaca pemahaman siswa menunjukkan ketuntasan 23 . Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53 %), siklus II (87 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) berbasis daring dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Baros Kencana CBM di Kota Sukabumi Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.
Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Kunandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada.
Nadzifah, W. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Sq3R Siswa Kelas Iv Sd N Katongan I Improving the Reading Comprehension Skill Using Sq3R Method in Fourth. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(28), 2721–2731.
Sanjaya, wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Published
2020-06-25
How to Cite
Pandeas, Y., Lyesmaya, D., & Amalia, A. (2020). PENERAPAN METODE SQ3R BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 29-38. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.207
Section
Articles