PERMAINAN TRADISIONAL ENGRANG DARI PROVINSI BANTEN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA

  • Ananda Bella Pratiwi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Anis Fuadah Z UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: Permainan tradisional, engrang, karakter, prestasi, peserta didik MI/SD

Abstract

Permainan tradisional dari provinsi Banten dan pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD di Indonesia serta memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat permainan tradisonal khususnya engrang dalam pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD. Topik ini dilatarbelakangi oleh peristiwa dimana peserta didik lebih tertarik pada permainan modern berbasis teknologi canggih seperti game online, akibatnya banyak permainan tradisional yang mulai dilupakan oleh anak-anak bahkan terkesan asing untuk didengar. Selain itu juga permainan  modern dapat menimbulkan efek kecanduan sehingga berpengaruh pada perilaku dan karakter peserta didik. Padahal diusia SD/MI adalah waktu yang tepat untuk anak dalam membentuk karakter mereka. Untuk itu, melalui permainan tradisional diharapkan dapat menjadi upaya dalam membentuk karakter peserta didik. Jurnal ini ditulis berdasar pada studi pustaka untuk menjelaskan bahwa permainan tradisional tidak hanya dapat mendorong peseta didik dalam berinteraksi social sesame teman tetapi sesuai dengan judul diatas bahwa karakter peserta didik dalam mengahargai prestasi juga dapat dibentuk melalui permainan tradisional. Untuk itu, permainan tradisional memiliki peran penting pembentukan karakter peserta didik seperti menghargai budaya Indonesia, sebab perilaku tersebut sudah menjadi prestasi bagi peserta didik dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Faisol Badrus, S. M. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Sport Science and Health, 244.
Afrinel Okwita, Siska Permata Sari. (2019). EKSISTENSI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG PADA MASYARAKAT MONGGAK KECAMATAN GALANG KOTA BATA. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 21.
Al-Qur'an dan terjemahannya, 2002, Jakarta
Bangsawan, I. P. (2019). Direktori Permainan Tradisional. Banyuasin, Sumatera Selatan: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata.
Euis Kurniati. (2016). PERMAINAN TRADISIONAL DAN PERANNYA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. JAKARTA: Prenadamedia Group.
Hikmah, M. (2011). PERANCANGAN GAME TRADISIONAL JAWA EGRANG BAMBU. Skripsi, 4.
Iswinarti. (2010). NILAI-NILAI TERAPIUTIK PERMAINAN TRADISIONLA ENGKLEK PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. 41- 42.
Khusnul Laely, Dede Yudi. (2015). PENGARUH PERMAINAN EGRANG TEMPURUNG KELAPA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK . Jurnal EMPOWERMENT, 35-38.
Malik, K. (2019). PERBEDAAN NILAI (VALUE) DAN MAKNA (MEANING) BUDAYA PERMAINAN EGRANG DI EMPAT NEGARA. Jurnal Seni Rupa, 197.
Misbach, I. H. (2006). PERAN PERMAINAN TRADISIONAL YANG BERMUATAN EDUKATIF DALAM MENYUMBANG PEMBENTUKAN KARAKTER DAN IDENTITAS BANGSA. 3, 4, 13, 14, 15, .
Murtafiatun. (2018). Kumpulan Permainan Tradisional Nusantara. Yogyakarta: C-Klik Media. .
Nofrans Eka Saputra, Y. N. (2017). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR ANAK. Jurnal Psikologi, 49-50.
Nur, H. (2013). MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN ANAK TRADISIONAL. Jurnal Pendidikan Karakter, 90-91.
Rianawati. (2014). Implemetasi Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Rizki Kurniawati, I. (2018). ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM TEKS CERITA BUKU PELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Master Bahasa , 109.
Sibarani, Dina F. (2018). Permainan Tradisional Terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Etnografi di Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang). Skripsi, 1-3.
Supriyadi. (2016). Community of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. jurnal pustaka, 85.
Wafiq Nurul Huda. (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. 244.
Wenny Sutomo, Vetty Milyani. (2019). Mengidentifikasi Karakter “Menghargai Prestasi” Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Jurnal Publikasi Pendidika, 111.

Published
2020-06-25
How to Cite
Pratiwi, A., & Fuadah Z, A. (2020). PERMAINAN TRADISIONAL ENGRANG DARI PROVINSI BANTEN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13-28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.206
Section
Articles