IMPLEMENTASI TEORI TANGGA DAN TEORI JALAN DALAM MEMBERIKAN PAHAM PENALARAN PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-HASAN CIPARI
Abstract
Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana bisa memberikan pemahaman kepada anak didik sehingga anak didik mampu membangun pemikirannya sesuai usianya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana seorang Guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada tingkat Sekolah Dasar atau MI, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah pendidik matematika MI, kepala sekolah, dan anak didik kelas II MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan yang dilakukan di dalam kelas II dan lingkungan sekitar; meliputi proses pembelajaran matematika di MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data lainnya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah menggunakan triangulasi Data. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran matematika menggunakan teori jalan dan teori tangga telah dilakasanakan. Pada pelaksanaannya teori jalan bisa dilakukan dengan membuat tabel perkalian; mendesain pembelajaran dengan menekankan hafalan dan pemahaman kepada angka sehingga tidak terjadi pengulangan; teori tangga pengulangan kembali jika teori/materi sebelumnya ada yang belum dipahami oleh anak didik. Setelah melakukan teori tangga Guru melakukan evaluasi dengan tanya jawab setiap harinya dan menekankan pada nilai angka perkalian yang sulit untuk dihafalkan oleh anak didik.
Downloads
References
Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Fajriah, N., & Triawati, D. (2008). Cerdas Berhitung Matematika 3,. tt: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hudojo, H. (2003). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan dirjen dikti.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Jurnal Online
Ahyani, H., & Nurhasanah, E. (2020). Peran Strategi Politik Islam terhadap Perekonomian di Indonesia. Mutawasith Jurnal Hukum Islam, 23. 18-43. P-ISSN 2722-2764
'Azizah, M. (2018, Juni). Application of All in One System Method in Arabic Learning at MI Al-Falahiyah Mlangi, Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 168. 163-175.
Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan. Matematika dan Pendidikan Matematika, 127. E-ISSN : 2541-2906
Muhammad, A. F. (2017). Berfikir profetik dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12. ISSN (Print) 2085-0034 ISSN (Online) 2549-3388
Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik. Tawadhu , 1001. 995-1006.
Jurnal Cetak
Mahardika, R. (2019). Hubungan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X, di SMK NU Langensari Kota Banjar. Nahdatul Fikr, 20.
Miftahudin. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawih. Nahdlatul Fikr, 11.
Laporan Wawancara
Hanipudin. (2020, 15 Februari). Personal Interview
Hasbulloh. (2020, 15 Februari). Personal Interview
Faiqoh, S. (2020, 16 Februari). Personal Interview
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.