IMPLEMENTASI TEORI TANGGA DAN TEORI JALAN DALAM MEMBERIKAN PAHAM PENALARAN PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-HASAN CIPARI

  • Malihatul 'azizah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar
  • Muhamad Fatih Lutfan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar
  • Laely Fauziah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar
  • Arinal Farihah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar
Keywords: Pembelajaran matematika, teori jalan, teori tangga.

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana bisa memberikan pemahaman kepada anak didik sehingga anak didik mampu membangun pemikirannya sesuai usianya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana seorang Guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada tingkat Sekolah Dasar atau MI, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah pendidik matematika MI, kepala sekolah, dan anak didik kelas II MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan yang dilakukan di dalam kelas II dan lingkungan sekitar; meliputi proses pembelajaran matematika di MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data lainnya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah menggunakan triangulasi Data. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran matematika menggunakan teori jalan dan teori tangga  telah dilakasanakan. Pada pelaksanaannya teori jalan bisa dilakukan dengan membuat tabel perkalian; mendesain pembelajaran dengan menekankan hafalan dan pemahaman kepada angka sehingga tidak terjadi pengulangan; teori tangga pengulangan kembali jika teori/materi sebelumnya ada yang belum dipahami oleh anak didik. Setelah melakukan teori tangga Guru melakukan evaluasi dengan tanya jawab setiap harinya dan menekankan pada nilai angka perkalian yang sulit untuk dihafalkan oleh anak didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Book
Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Fajriah, N., & Triawati, D. (2008). Cerdas Berhitung Matematika 3,. tt: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hudojo, H. (2003). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan dirjen dikti.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.


Jurnal Online
Ahyani, H., & Nurhasanah, E. (2020). Peran Strategi Politik Islam terhadap Perekonomian di Indonesia. Mutawasith Jurnal Hukum Islam, 23. 18-43. P-ISSN 2722-2764

'Azizah, M. (2018, Juni). Application of All in One System Method in Arabic Learning at MI Al-Falahiyah Mlangi, Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 168. 163-175.

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan. Matematika dan Pendidikan Matematika, 127. E-ISSN : 2541-2906

Muhammad, A. F. (2017). Berfikir profetik dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12. ISSN (Print) 2085-0034 ISSN (Online) 2549-3388

Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik. Tawadhu , 1001. 995-1006.

Jurnal Cetak
Mahardika, R. (2019). Hubungan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X, di SMK NU Langensari Kota Banjar. Nahdatul Fikr, 20.

Miftahudin. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawih. Nahdlatul Fikr, 11.

Laporan Wawancara
Hanipudin. (2020, 15 Februari). Personal Interview
Hasbulloh. (2020, 15 Februari). Personal Interview
Faiqoh, S. (2020, 16 Februari). Personal Interview

Published
2020-06-25
How to Cite
’azizah, M., Lutfan, M., Fauziah, L., & Farihah, A. (2020). IMPLEMENTASI TEORI TANGGA DAN TEORI JALAN DALAM MEMBERIKAN PAHAM PENALARAN PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-HASAN CIPARI. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.205
Section
Articles