Kesiapan mahasiswa PGSD untuk menjadi guru SD

  • Yogi Kuncoro Adi Universitas Kuningan
Keywords: kesiapan, kompetensi guru, calon guru

Abstract

Semakin baik pendidikan tinggi yang diperoleh mahasiswa diharapkan menjadikan calon guru sarat dengan kompetensi keguruan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru SD ditinjau dari aspek cognitive readiness, emotive-attitudinal readiness, dan behavioral readiness. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Kuningan Tahun Ajar 2016/2017. Objek penelitian ini adalah kesiapan untuk menjadi guru SD ditinjau dari aspek cognitive readiness, emotive-attitudinal readiness, dan behavioral readiness. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasiswa PGSD FKIP Universitas Kuningan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data kesiapan menjadi guru SD diukur dengan angket tertutup dan terbuka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik persentase dengan tahap editing, skoring, dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Kuningan Siap untuk mengemban profesi Guru SD. Aspek behavioral readiness masih harus mendapat perhatian agar memperoleh hasil yang maksimal. Secara keseluruhan aspek, kesiapan tersebut juga masih belum dalam kategori maksimal (Sangat Siap) untuk setiap indikator dalam penelitian ini. Selain itu, beberapa permasalahan urgen yang segera membutuhkan penanganan seperti motivasi mahasiswa dalam memilih profesi guru dan bekerja sepenuh gaji.

 

Kata-kata Kunci: kesiapan, kompetensi guru, calon guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi kompetensi guru sebagai cerminan profesionalisme tenaga pendidik di kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1), 33-42.

Jusoh, R. (2012). Effects of teachers‟ readiness in teaching and learning of entrepreneurship education in primary schools. International Interdisciplinary Journal of Education, 1 (7), 98-102.

Maddox, N., Forte, M., & Boozer, R. (2000). Learning readiness: an underappreciated yet vital dimension in experiential learning. Developments in Business Simulation & Experiential Learning, 27, 272-278.

Ornstein, A. C., Levine, D. U., & Gutek, G. L. (2011). Foundations of education. California: Cengage Learning.

Presiden RI. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik edisi kesembilan jilid 1. Jakarta: Indeks.

Tobias, J., Wales. J., Syamsulhakim, E., & Suharti. (2014). Towards better education quality Indonesia’s promising path. London: Overseas Development Institute.
Published
2019-12-20
How to Cite
Adi, Y. (2019). Kesiapan mahasiswa PGSD untuk menjadi guru SD. MADROSATUNA, 2(2), 20-30. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/128
Section
Articles