Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Sikap Santun dalam Berbicara

  • Rifa Muwafaroh IAILM Suryalaya
  • Fitri Anisa
  • Oyib Sulaeman Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

Abstract

Lingkungan belajar merupakan sesuatu yang ada di sekitar tempat belajar siswa yang berpengaruh terhadap tingkah laku dan perkembangan dalam belajar baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu pengaruh lingkungan belajar terhadap pendidikan adalah sikap santun dalam berbicara. Seseorang yang mempunyai keterampilan berbahasa yang baik akan dapat dilihat dari cara berkomunikasinya. Permasalahan yang timbul, apakah terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap sikap santun dalam berbicara peserta didik di SDN Surialaya? Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap sikap santun dalam berbicara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap santun dalam berbicara peserta didik SDN Surialaya Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi kepada kalangan yang terlibat dalam dunia pendidikan, khususnya para guru, orangtua dan masyarakat untuk bekerja sama dalam meningkatkan perannya dalam mengajarkan sikap santun dalam berbicara dengan baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian dalam bentuk angka, dapat berupa orang, lembaga, masyarakat, dan yang lainnya yang ada pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak apa adanya. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh bahwa lingkungan belajar peserta didik di SDN Surialaya tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari data-data yang diperoleh dari hasil perhitungan nilai rata-rata hitung (x) adalah 51,2 berada pada skala 49 – 52 dengan kategori “cukup” dan an sikap santun dalam berbicara peserta didik di SDN Surialaya tergolong cukup baik dengan hasil perhitungan nilai rata-rata hitung (x) adalah 52,5 berada pada skala 50 – 54 dengan kategori “cukup”. Sedangkan pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap santun dalam berbicara memiliki pengaruh yang high (tinggi) dengan hasil yang diperoleh t hitung= 4,787 ≥ t tabel= 1,701. Artinya lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap sikap santun dalam berbicara peserta didik di SDN Surialaya sebesar 44,89% sedangkan sisanya 55,11% diduga dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap lingkungan belajar dan sikap santun dalam berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santoso, dkk. (2023). “Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa”. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 98.

Putri, Fania Sulistiani. (2021). “Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 1.

Sukmawan, Soni. (2015). Sastra Lingkungan. Malang : UB Press.

Ramdhani, M.A. (2014). “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 34.

Ma’a, S. (2018). “Telaah Teoretis : Apa itu Belajar?”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 33.

Fadhilaturrahmi, F. (2018). “Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 1(2), 61-69.

Arifin, Bambang Samsul. (2015). Psikologi Sosial. Bandung : CV Pustaka Setia.

Yulaila, Novi. (2015). “Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Sekolah Dasar”. Academia, 1(1), 4.

Suryani, L. (2017). “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok”. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112-124.

Wawan. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya : Latifah Press.

Nazir, Mohamad. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Efendi, M. (2013). Lingkungan sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal pendidikan, 1(1),3.

Winataputra, U.S., Delfi, R., Pannen, P., dan Mustafa. (2014). “Hakikat Belajar dan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-46.

Suharyat, Y. (2009). “Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia”. Jurnal region, 1(3), 1-19.

Sriyanti, I. (2021). “Sikap Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E”. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 36-49.


Published
2024-07-18
How to Cite
Muwafaroh, R., Anisa, F., & Sulaeman, O. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Sikap Santun dalam Berbicara. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1-13. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v7i1.1050
Section
Articles