PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK

(Studi Penelitiشn di Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Bina Insani Jamanis Tahun Ajaran 2021/2022)

  • acep ateng rijalulloh iailm
  • Rojaya Rojaya IAILM
  • ahmad bustomi IAILM

Abstrak

Bimbingan konseling merupakan bagian yang penting dalam dunia pendidikan di sekolah, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, di samping itu juga mengatasi berbagai persoalan yang dialami peserta didik, seperti rendahnya prestasi belajar, motivasi belajar peserta didik yang menurun dan sebagainya. Perilaku keagamaan atau religiusitas dapat diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Aktivitas beragama tidak hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual (beribadah), tetapi juga ketika melakukan aktivitas lain yang didorong oleh kekuatan spiritual. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat oleh mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak dan terjadi dalam hati seseorang.

Sama halnya dengan keberadaan guru bimbingan dan konseling di setiap sekolah, yang di awal sudah dijelaskan tujuan dari adanya guru bimbingan dan konseling adalah untuk meningkatkan potensi peserta didik secara maksimal, di samping itu juga mengatasi berbagai persoalan, seperti persoalan moral dan akhlak peserta didik  yang merupakan salah satu bagian dari perilaku keagamaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran bimbingan dan konseling terhadap peningkatan akhlak dan ibadah peserta didik di SMK Bina Insani Jamanis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan sehingga teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Sedangkan untuk memperoleh data empirisnya menggunakan teknik observasi ke lapangan dan wawancara langsung  ke peserta didik dan guru bimbingan dan konseling dengan jumlah 15 Peserta didik dan 1 orang guru bimbingan dan konseling sehingga berjumlah menjadi 16 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; peran bimbingan dan konseling di SMK Bina Insani Jamanis, tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dengan program kerja tahunan, bulanan dan mingguan berjalan lancar. Perilaku keagamaan peserta didik di SMK Bina Insani Jamanis, cukup, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang sebagian merasakan manfaat dari program keagamaan yang disediakan oleh pihak guru bimbingan dan konseling.

Diterbitkan
2023-02-16